get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Kreatifitas Warga di Indramayu Membuat Replika Garuda Raksasa Sambut HUT ke-78 RI

Minggu, 13 Agustus 2023 | 19:49 WIB
header img
Warga desa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membuat replika burung Garuda raksasa menyambut HUT ke-78 RI. Foto: Selamet

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Replika burung Garuda berukuran besar, nampak terlihat gagah bertengker di atas gapura masuk Jalan Buyut Dalem Desa Plumbon, Indramayu, Jawa Barat. Kreatifitas ini menjadi tontonan tersendiri bagi warga maupun pengendara yang melintas.
Pembuatan replika burung Garuda raksasa tersebut memakan waktu 3 hari. Yakni dengan berbahan dasar dari kardus bekas hingga batang bambu.
Jamroni, salah satu panitia peringatan HUT RI di desa tersebut mengatakan, ide awal pembuatan replika burung Garuda raksasa tersebut digagas pemuda di RT 04 dan 06 Desa Plumbon.
"Untuk biaya pembuatan replika burung Garuda raksasa, didapat dari sumbangan para warga. Sedangkan bahan baku berupa bambu, kami ambil dari pekarangan warga," ujar Jamroni, Minggu (13/8/2023).
Disamping membuat replika burung garuda raksasa, pihaknya menambahkan pula ornamen lain seperti lambang Pancasila, umbul-umbul, variasi balon 17 agustusan, dan taman bunga. Burung Garuda merupakan lambang negara dan kekuatan bangsa, serta slogan Bhineka Tunggal Ika menjadi kekuatan bangsa Indonesia yang mempunyai keanekaragaman suku, budaya, agama, dan sebagainya.
"Dengan sayapnya yang mengembang, hal ini menyiratkan bahwa garuda siap menjunjung tinggi nama baik bangsa. Saya berharap di HUT ke-78 RI ini, bangsa Indonesia makin maju dan terus berkembang. Sehingga kesejahteraan masyarakat bisa terwujud dengan baik," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut