get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

HUT ke-78 RI, 10.001 Bendera Merah Putih Berkibar di Gedung Naskah Linggarjati Kuningan

Kamis, 17 Agustus 2023 | 14:29 WIB
header img
Ribuan bendera merah putih berkibar di kawasan bersejarah Gedung Naskah Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: Andri)

KUNINGAN,InewsIndramayu.id – Ribuan bendera merah putih berkibar di kawasan bersejarah Gedung Naskah Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (17/8/2023). Pengibaran gebyar merah putih ini merupakan kali ke-8 yang rutin diadakan setiap momen HUT RI.

Adapun ribuan bendera merah putih didapat dari sumbangan warga hingga hasil pengumpulan panitia Gebyar 10.001 Merah Putih. Lokasi Gedung Naskah Linggarjati dipilih, karena menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat meraih kemerdekaan.

Bahkan demi kemeriahan Hari Kemerdekaan, panitia setempat mengadakan beragam perlombaan khas agustusan. Beberapa di antaranya seperti lomba mewarnai bagi anak-anak usia dini, baca puisi, lomba makan kerupuk, balap karung dan perlombaan unik yang lain.

Pemasangan bendera merah putih di kawasan Gedung Naskah Linggarjati dipelopori oleh yayasan, mulai dari komunitas, para pelajar, dan elemen masyarakat. Ketua Pelaksana Gebyar 10.001 Merah Putih, Heni Kurnia Asih dalam keterangan persnya, mengaku, momen HUT RI memang kerap dimanfaatkan untuk mengibarkan ribuan bendera merah putih di gedung bersejarah tersebut.

“Pemasangan ribuan bendera di Gedung Naskah Linggarjati ini, karena tempat ini merupakan gedung bersejarah perundingan antara Belanda dan Indonesia. Kami menargetkan pada HUT RI di tangggal 17 Agustus terpasang 10.001 bendera merah putih,” ungkapnya.

Tak hanya pengibaran ribuan bendera merah putih, pihaknya juga mengadakan berbagai lomba demi kemeriahan Hari Kemerdekaan. Salah satunya melalui fashion weeek kemerdekaan dengan peserta dari kalangan anak-anak hingga ibu-ibu.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat bisa mengenang jasa pahlawan yang telah gugur di medan perang demi merebut Kemerdekaan Republik Indonesia,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut