get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Progres Jalan Pariwisata Cipari-Cisantana di Kuningan Sudah 30 Persen

Selasa, 03 Oktober 2023 | 14:13 WIB
header img
Proyek pengerjaan jalan pariwisata yang menghubungkan Cipari menuju Cisantana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini sudah mencapai 30 persen. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Proyek pengerjaan jalan pariwisata yang menghubungkan Cipari menuju Cisantana di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kini sudah mencapai 30 persen. Bahkan ditargetkan, proyek jalan tersebut rampung pada awal Desember 2023.

Hal itu disampaikan Bupati Kuningan, H Acep Purnama saat kunjungan langsung di lokasi proyek pembangunan jalan. “Tadi saya coba lihat pengerjaan jalan, itu sudah masuk 30 persen,” kata Bupati H Acep Purnama kepada awak media, Selasa (3/10/2023).

Proyek jalan pariwisata yang telah berjalan kurang lebih satu bulan ini, lanjutnya, perkembangan pembangunan terbilang luar biasa. Targetnya yakni selesai 3,5 bulan dari awal pengerjaan, sehingga awal Desember 2023 selesai.

“Kita bersyukur, terima kasih kepada Pak Presiden dan Pak Menteri serta seluruh keluarga besar Kementerian PUPR. Sebab wilayah Kuningan sangat diperhatikan, sekarang sedang proses pembangunan jalan pariwisata Cipari-Cisantana dan juga jalan lingkar Cipasung-Subang,” ungkapnya.

Dia berharap, setelah proyek jalan pariwisata selesai dapat membangkitkan perekonomian masyarakat setempat. Namun tetap harus diperhatikan nilai konservasi di sepanjang kawasan jalan pariwisata.

“Pasti nanti akan tumbuh tempat-tempat persinggahan, warung, penginapan dan yang lain. Kami akan persilakan itu, namun tetap harus sesuai dengan ketentuan untuk menjaga nilai konservasi dan ikuti aturan terkait pengendalian oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.

Diketahui, jika proyek jalan lingkar Cipari-Cisantana menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan ketika momentum liburan. Apalagi, proyek jalan lingkar ini masuk dalam program Proyek Jalan Nasional (PJN).

Setidaknya Pemerintah Pusat menganggarkan Rp 23 miliar dari APBN untuk proses pembangunan jalan Cipari-Cisantana. Yakni dengan pengerjaan jalan sepanjang 2,4 kilometer.

Tak hanya itu, Pemda Kuningan berencana membangun terminal wisata di wilayah Cisantana. Sehingga kendaraan rombongan pengunjung wisata dapat ditempatkan di lokasi tertentu, tidak terparkir di badan jalan sepanjang akses masuk kawasan wisata di Cisantana.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut