get app
inews
Aa Read Next : Family Road to Refinery, Upaya Kilang Balongan Tingkatkan Kesadaran Pentingnya Kerja Aman

Pemkab Indramayu Berhasil Genjot PAD hingga Miliaran Rupiah

Rabu, 25 Oktober 2023 | 12:51 WIB
header img
Pemkab Indramayu, Jawa Barat, kembali berhasil mendulang pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hingga miliaran rupiah. (Foto: Ist)

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Pemkab Indramayu, Jawa Barat, kembali berhasil mendulang pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

Kali ini, berkat strategi jitu Bupati Indramayu Nina Agustina, Pemkab berhasil menarik pajak hingga miliaran rupiah untuk tahun 2023 terhadap beberapa obyek pajak. Obyek pajak yang masuk dalam Pajak Bumi Bangunan (PBB) itu adalah PT PLN Nusantara Power UP PLTU Indramayu, PT Pertamina S&D Region II Balongan, dan pengelola Jalan Tol PT Lintas Marga Sedaya.

Pajak yang tertagih dari PLTU untuk PAD Indramayu mendekati angka 50 persen. Besaran PBB yang telah dibayarkan PLTU itu yakni Rp 11,7 miliar.

Padahal sebelumnya, PBB PLTU hanya pada kisaran Rp 7 miliar saja. Angka itu disetorkan setiap tahun dan telah berlangsung lama.

Namun berkat kejelian menghitung ulang obyek pajak dan kerja keras tim, PBB PLTU akhirnya naik menjadi Rp 11,7 miliar. Sementara untuk PT Pertamina S&D Region II Balongan PPB yang telah dibayarkan mendekati Rp 5 miliar.

Padahal pada tahun-tahun sebelumnya hanya pada kisaran Rp 1,8 miliar. Sedangkan untuk PT Lintas Marga Sedaya PBB tahun 2023 terbayar sebesar Rp 3,2 miliar.

Angka itu jauh lebih tinggi dibanding tahun 2022, di mana PBB yang dibayarkan hanya Rp 2,1 miliar. Kenaikan pajak yang cukup signifikan ketiga obyek pajak tersebut, tidak terlepas dari kejelian Nina Agustina.

Menjabat kepala daerah sejak 2021 lalu, Nina terus menelisik potensi pajak dari seluruh obyek pajak yang ada di Indramayu. Ia bersama tim menghitung ulang seluruh aset obyek pajak sehingga berhasil menemukan potensi kenaikan angka.

Bupati Nina Agustina menyampaikan, ungkapan terima kasihnya untuk kerja keras tim yang berhasil meningkatkan sektor pajak tersebut. Dengan bertambahnya besaran pajak yang diterima, maka akan semakin menguatkan dukungan pembangunan untuk berbagai bidang di Kabupaten Indramayu.

Selain kepada tim, Nina juga menyampaikan apresiasi untuk PT PLN Nusantara Power UP PLTU Indramayu, PT Pertamina S&D Region II, dan PT Lintas Marga Sedaya.

"Alhamdulillah kenaikan pajak ini akan sangat bermanfaat untuk mengongkosi pembangunan kami di Kabupaten Indramayu. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu meningkatkan PAD bagi Kabupaten Indramayu," ujar Nina didampingi Kepala Badan Keuangan Daerah, Woni Dwinanto, Rabu, (25/10/2023).(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut