get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Tradisi Sedekah Bumi Wujud Kebersamaan Warga Desa Dermayu untuk Melestarikan Budaya

Jum'at, 03 November 2023 | 16:18 WIB
header img
Masyarakat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan sedekah bumi sebagai wujud melestarikan kearifan lokal budaya setempat. (Foto: Selamet H)

INDRAMAYU,iNewsIndramayu.id - Sedekah bumi adalah tradisi masyarakat Indonesia yang dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi yang telah dilimpahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di Desa Dermayu sendiri, acara sedekah bumi sering dilakukan hampir setiap tahun. Namun kali ini tradisi tersebut dilaksanakan di Baladesa kantor setempat.

Menurut  Kepala Desa Dermayu Wasjudin, acara ini juga sebagai bentuk kepedulian kita terhadap alam sekitar. Dan wujud kebersamaan antara warga.

" Tradisi sedekah bumi merupakan warisan leluhur yang perlu terus kita lestarikan. Dan kali ini kita adakan di Baladesa Dermayu dengan berbagai macam kegiatan," ucapnya Wasjudin, Jumat (3/11/2023).

Acara sedekah bumi sendiri diisi dengan berbagai macam kegiatan perlombaan yang diikuti oleh masyarakat Desa Dermayu baik itu tingkat RT maupun warga setempat 

" Semalam juga kita adakan lomba permainan gaple yang berhadiah yang tunai 1 juta rupiah, dan pagi ini kita laksanakan lomba tumpeng yang diikuti oleh masing-masing RT di Desa Dermayu," terang Wasjudin.

Kami juga mengundang kepada  seluruh masyarakat Desa Dermayu Kecamatan Sindang, untuk hadir dan berpartisipasi dalam acara sedekah bumi ini.

" Mari kita bersama-sama mensyukuri karunia Tuhan Yang Maha Esa dan menjaga kelestarian alam sekitar. Dan bersama-sama menyaksikan Pagelaran Wayang Kulit LANGEN BUDAYA Dalang Ki Anom H.Rusdi di Lapangan Voly Desa Dermayu dengar tertib,"ujarnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut