get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

Jadi Pengusaha Sukses di Usia 27 Tahun, Hanyen Tenggono Sharing Wawasan Bareng Wartawan Kuningan

Minggu, 12 November 2023 | 10:30 WIB
header img
Sejumlah awak media yang tergabung dalam PWI Kuningan, Jabar, melakukan sharing wawasan dengan salah satu pengusaha muda Hanyen Tenggono. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Salah satu pengusaha di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, terbilang sukses menjalankan bisnisnya di usia muda. Sosok tersebut yakni Hanyen Tenggono, meski masih berusia 27 tahun namun mampu memimpin sejumlah bisnis besar.

Beberapa bisnis yang dijalankan sampai hari ini, Minggu (12/11/2023), di antaranya Sangkan Resort Aqua Park, Guest House The Icon hingga PT Erlangga Satya Kencana. Perusahaan tersebut bergerak di bidang jasa pengamanan (satpam), perhotelan, dan kolam renang terbesar di Jawa Barat.

Mengawali perbincangan dengan sejumlah awak media yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kuningan, Hanyen Tenggono cukup apresiasi atas inisiatif wartawan yang ingin saling berbagi ilmu dalam pengembangan diri. Menurut Hanyen, proses menjadi pengusaha tidak mudah karena harus memiliki motivasi tinggi dan kerja keras.

“Saya awali perjalanan itu sejak SMA sudah merantau ke Jakarta. Saat berada di perantauan tentu membentuk karakter kepribadian yang lebih mandiri, keinginan kemandirian yang kuat membuat saya dapat memotivasi diri saya dengan wawasan dan ide-ide baru, dan tentu membuka usaha yang berbeda dengan orang tua,” ungkap Hanyen Tenggono.

Setelah proses panjang itu hingga menyelesaikan program sarjana, Ia kemudian memilih wilayah Kuningan untuk mengembangkan bisnis. Lokasi ini dipilih karena kondisinya alamnya sejuk dan segar, sehingga menjadi favorit para wisatawan.

Maka berdirilah Sangkan Resort Aqua Park sebagai salah satu water boom terbesar di Jawa Barat. Termasuk beberapa penginapan dan rumah makan Sea Food di area Sangkan Park, dan kini baru membuka bisnis perhotelan The Icon.

Kaitan dengan pengembangan perusahaan media massa, Ia menyoroti soal platform media sosial yang kini begitu pesat. Sehingga para wartawan perlu mengembangkan diri dengan zaman kekinian.

“Mungkin teman-teman wartawan melalui perusahaan medianya, harus mampu mengikuti perkembangan zaman. Semoga insan pers ini selalu memberikan informasi yang membangun demi kemajuan bangsa,” harap Hanyen Tenggono.

Sementara Ketua PWI Kuningan, Nunung Khazanah sengaja menemui Hanyen Tenggono di Guest House The Icon Cisantana, demi menimba ilmu dalam pengembangan diri bersama sejumlah anggotanya.

“Jadi kedatangan kami ke sini termotivasi atas suksesnya karir Kang Hanyen, di usia mudanya yang baru 27 tahun, telah sukses mengembangkan bisnisnya di bidang jasa dan pariwisata. Maka dari itu kedatangan PWI Kuningan berniat untuk Sharing Wawasan, yang juga merupakan dalam rangkaian kegiatan Konferensi PWI Kabupaten Kuningan,” singkatnya.

Ketua Panitia Konferensi PWI Kuningan, Deden Rijalul Umam cukup terkesan dengan perjalanan usaha yang digeluti Hanyen Tenggono.

“Semoga dengan sharing wawasan, kami mendapat bekal dan masukan dari eksternal yang pada akhirnya bisa memformulasikan media masing-masing untuk mengorganisir harapan kawula muda. Ternyata Kang Hanyen adalah orang yang humble meskipun usianya jauh lebih muda, kami berharap agar tidak bosan untuk memberikan masukan kepada PWI Kuningan,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut