get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

PDAM Kuningan Diminta Tingkatkan Ketersediaan Air Baku dari Pengelolaan Mata Air

Jum'at, 01 Desember 2023 | 11:51 WIB
header img
Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH saat memberikan arahan kepada para pegawai Perumda Air Minum Tirta Kamuning. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id Bupati Kuningan, H Acep Purnama MH menemui para pegawai Perumda Air Minum (PAM) Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (30/11). Selaku Kuasa Pemilik Modal (KPM), Bupati Acep menitipkan pesan sebelum mengakhiri masa jabatan sebagai pimpinan daerah.

“Saya sebagai KPM, karena akan berakhir masa tugas, tentu menitipkan beberapa hal agar ke depan semakin maju. Sejak dulu saya bersama-sama dengan Pak Direktur (Alm Deni Erlanda) dan sekarang Pak Ukas, selalu memotivasi agar PDAM ini terus menjadi perusahaan yang sehat,” kata Bupati Acep.

Apalagi sekarang, lanjutnya, aset-aset PDAM semakin bertambah terutama dalam menguasai sumber-sumber mata air. Hanya dalam penguasaan mata air tidak bersifat arogan, mesti tetap berbagi dengan masyarakat.

“Sebab air itu wajib dikelola sebesar-besarnya untuk kemakmuran semua. Kita berbagi dengan masyarakat, kita berbagi dengan tarif sosial kepada masjid bahkan diberikan secara cuma-cuma, namun harus tetap terjaga dari sisi keuntungan,” ungkapnya.

Termasuk dalam menekan tingkat kebocoran, Ia menyebut idealnya di angka 15 persen dan jika bisa lebih diperkecil lagi. Semoga di tahun mendatang target sambungan rumah (SR) ada penambahan, tentu dibarengi dengan pelayanan yang baik.

“Jangan hanya menambah sambungan baru, tapi juga menambah potensi air baku. Saya sudah kasih tips, bahwa banyak sekali titik mata air, hanya sambil survey saja untuk mencari kepemilikan titik air agar bisa dikelola. Misalkan jika ada di kawasan Perhutani, maka hubungan instansi terkait untuk menyewa lahan atau seperti apa,” ucapnya.

Sebab jika mata air dikelola dengan baik, Ia berpendapat, pemanfaatan tersebut akan lebih menyasar kepada kepentingan umum. Manajemen harus mengambil peluang dengan menguasai sumber mata air, hal ini dinilai sebagai aset penting yang akan menghasilkan pendapatan di tahun mendatang.

“Jangan takut untuk mengambil keputusan, utamanya dalam hal menguasai mata air. Selama kita memiliki aset, insya Allah dalam  beberapa tahun mendatang akan mendatangkan income yang baik bagi perusahaan karena berimbas terhadap peningkatan PAD,” katanya.

Pesan dari Bupati Acep Purnama tersebut akan ditindak lanjuti dengan baik oleh Direktur PAM Tirta Kamuning Kuningan, Dr Ukas Suharfaputra MP.

“Intinya, saya siap menjalankan apa yang menjadi arahan dari Pak Bupati. Hal ini demi kemajuan Perumda Air Minum Tirta Kamuning ke depan,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut