get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Terjadi di Kuningan, Pemotor Tewas Tertabrak Bus

Temui Ratusan Pelaku UMKM di Kuningan, Rokhmat Ardiyan: UMKM Harus Naik Kelas

Minggu, 10 Desember 2023 | 14:42 WIB
header img
Caleg DPR RI Dapil Jabar X dari Partai Gerindra, H Rokhmat Ardiyan ingin bantu para pelaku UMKM di Kuningan agar bisa naik kelas. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id - Kiprah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tak bisa dibantah sebagai salah satu pilar ekonomi bangsa. Tetapi perhatian dan minimnya akses politik bagi pelaku usaha kecil, masih menjadikan posisi UMKM belum menguntungkan.

Harus banyak upaya lebih yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peran UMKM. Demikian disampaikan H Rokhmat Ardiyan saat silaturahmi dengan ratusan UMKM sewilayah Kuningan, Jabar.

Pada kesempatan tersebut, Caleg DPR RI Dapil Jabar X dari Partai Gerindra itu menginginkan UMKM harus bisa naik kelas. “Cara naik kelas UMKM ini, yang paling mudah adalah dengan cara mengubah kemasan menjadi lebih eye catching,” ujar Rokhmat Ardiyan dalam keterangan rilisnya, Minggu (10/12).

Caleg DPR RI nomor urut 2 ini juga mengatakan, sebagai pilar ekonomi bangsa, UMKM sudah tak bisa diragukan lagi. Belum lagi UMKM bisa memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat.

“Jika satu UMKM bisa mempekerjakan 5 karyawan saja, berapa banyak masyarakat yang terserap,” katanya.

Sementara Ketua Umum Paguyuban UMKM Kabupaten Kuningan, Toto Suhartono mengatakan, selama ini UMKM di Kabupaten Kuningan belum sepenuhnya mendapatkan perhatian pemerintah. UMKM di Kuningan selama ini seperti kehilangan induk.

“Kami seperti anak tanpa ayah, kami berjalan sendiri. Kami berharap ke depan bisa mendapatkan akses permodalan hingga akses pasar,” ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya berharap, pemerintah bisa membantu UMKM dengn cara membeli produk produk UMKM dalam setiap kegiatan kegiatan pemerintah daerah. “Dukungan nyata untuk UMKM bisa ditunjukkan dengan membeli produk UMKM,” tandasnya.

Anggota Paguyuban UMKM Kuningan juga meminta Rokhmat Ardiyan dijadikan sebagai bapak angkat. Sebelum acara selesai, Rokhmat Ardiyan memberikan sepuluh sertifikat legalitas Nomor Induk berusaha bagi pelaku UMKM.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut