get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut Terjadi di Kuningan, Pemotor Tewas Tertabrak Bus

Tim Jibom Polda Jabar Diterjunkan Sterilisasi Gereja Jelang Natal di Kuningan

Minggu, 24 Desember 2023 | 18:35 WIB
header img
Sejumlah personel kepolisian melakukan sterilisasi gereja di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyambut perayaan Natal Tahun 2023. (Foto: Andri)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id - Sejumlah personel kepolisian melakukan sterilisasi gereja di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, menyambut perayaan Natal Tahun 2023 pada Senin (25/12) esok. Bahkan proses sterilisasi langsung diterjunkan Unit Jibom Sat Brimob Polda Jabar.

Beberapa gereja tersebut di antaranya Gereja Panthekosta di Efferata Jalan Kepuh Kuningan, Gereja Katholik Hati Kudus Jalan Kepuh Kuningan, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Siliwangi Kuningan, Gereja Santo Carollus Borromeus Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cigugur, dan Gereja Katholik Kristus Raja Jalan RS Sekarkamulyan. Kemudian Gereja Katholik Putri Murni Sejati Kecamatan Cigugur, Gereja Kristen Pasundan Cigugur, dan Gereja Bethel Indonesia Kecamatan Cigugur.

Saat sterilisasi, petugas lengkap dengan menggunakan metal detector menyisir setiap ruangan dan celah yang dicurigai dapat menyimpan benda-benda berbahaya. Yakni mulai dari kolong meja dan kursi hingga pohon natal tak luput dari pemeriksaan.

Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian melalui Kabag Ops AKP Purwadi dalam keterangan persnya mengatakan, sterilisasi gereja merupakan kegiatan rutin yang dilakukan saat menyambut perayaan Natal. Hal ini sebagai antisipasi demi menjaga kelancaran dan keamanan umat kristiani saat Natal.

"Setidaknya terdapat delapan gereja yang dilakukan sterilisasi, dan hasilnya dinyatakan aman. Ini untuk menimbulkan rasa aman bagi umat kristiani untuk menjalankan ibadah misa Natal," terangnya.

Dia menyebut, gereja tersebut terdiri dari tiga gereja di Kecamatan Kuningan dan lima gereja di Kecamatan Cigugur. Kepolisian juga disiagakan untuk melakukan pengamanan melekat di seluruh gereja selama 24 jam.

"Kami terjunkan personel kepolisian di seluruh gereja untuk pengamanan melekat selama 1x24 jam. Kami dibantu pula personel dari TNI dan Satpol PP, serta relawan agar perayaan Natal di Kuningan berjalan aman dan kondusif," imbuhnya.

Sementara Wakil Ketua Dewan Paroki Gereja Maria Putri Murni Sejati, Markus Muhidin mengucapkan, rasa terima kasih atas pengamanan dari kepolisian yang telah melakukan sterilisasi gereja menjelang Natal. Karena dengan kehadiran petugas yang selalu berjaga 24 jam di gereja, akan membuat tenang para jemaat saat merayakan Natal.

"Kami masih mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut perayaan Natal di tahun ini. Terima kasih, karena kepolisian sudah melakukan penjagaan di sini dari kemarin," pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut