get app
inews
Aa Read Next : Usai Tugas Pemilu, Pamsung TPS di Indramayu Meninggal Dunia

Panwascam Gunungjati Ajak PKD dan PTPS Lakukan Penurunan APK di Masa Tenang

Kamis, 15 Februari 2024 | 18:16 WIB
header img
Rakor Panwascam Gunungjati. Foto: Ist

CIREBON, iNewsIndramayu.id - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Gunungjati, Kabupaten Cirebon, telah mengambil langkah tegas dengan menurunkan alat peraga kampanye (APK) selama masa tenang Pemilu 2024 berlangsung dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2024.

Hal itu, disampaikan Ketua Panwascam Gunungjati, Herman bahwa proses penurunan APK akan dilakukan secara bersama-sama dengan dukungan dari Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) serta Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di wilayah tersebut.

"Masa tenang ini membatasi keberadaan APK yang masih terpasang. Semua aktivitas kampanye dilarang, dan APK dianggap sebagai metode kampanye yang tidak diperkenankan," ungkapnya, Minggu (11/2).

Herman menegaskan bahwa penertiban APK melibatkan peran aktif dari PTPS setempat,. Mengingat tanggung jawab mereka terhadap kebersihan area Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kami telah mengingatkan PTPS untuk memastikan wilayah TPS mereka bebas dari APK. Tindakan tegas, termasuk pencopotan, akan diambil jika masih terdapat APK yang terpasang," katanya.

Sebelum melaksanakan penurunan APK, Panwascam Gunungjati telah melakukan apel kesiapan bagi seluruh jajarannya. Mereka juga merencanakan patroli dimasa tenang di setiap tingkatan. " Untuk meminimalisasi potensi pelanggaran pemilu," katanya. 

Ia juga mengingatkan seluruh timnya untuk menjaga kesehatan. Terutama dalam menghadapi kondisi cuaca yang ekstrem saat ini. Hal ini menjadi penting agar mereka dapat menjalankan tugas pengawasan dengan optimal tanpa terganggu oleh masalah kesehatan.

"Patroli ini bertujuan untuk mencegah segala bentuk upaya kampanye oleh peserta pemilu serta meminimalisir pelanggaran lainnya," pungkasnya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut