get app
inews
Aa Read Next : Jaga Implementasi Budaya K3, Kilang Balongan Raih Penghargaan WISCA-WPSCA 2024

Ikuti IOMU 2024, Tim Health Kilang Pertamina Balongan Raih Penghargaan

Selasa, 05 Maret 2024 | 17:35 WIB
header img
Tim HESE PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan berhasil meraih dua penghargaan di ajang Indonesian Occupational Medicine Update (IOMU) 2024.

Bukan hanya peningkatan kebugaran, Kilang Pertamina Balongan juga fokus dalam pencegahan bahaya psikososial seperti  stres kerja, fatigue dan bullying di tempat kerja.

Vera Ratna Pratiwi, selaku Psikolog RU VI, peraih penghargaan kategori Oral Presentation mengatakan, Bagian Health RU VI secara rutin melakukan kegiatan pencegahan seperti seminar manajemen stress, mengadakan Focus Group  Discussion, serta menyediakan layanan konseling oleh psikolog. Selain itu, juga dilakukan pengukuran secara berkala untuk mengetahui tingkat stress dan fatigue pekerja di RU VI Balongan sehingga dapat ditentukan penyebab dan intervensi yang tepat.

“Bahaya psikososial ini merupakan bahaya yang tidak terlihat namun memiliki dampak yang luar biasa jika tidak tertangani secara tepat. Salah satu temuan kami juga menyebutkan bahwa pekerja yang mengalami bullying ditempat kerja 3 kali lebih besar beresiko mengalami stres dibandingkan dengan pekerja yang tidak mengalami bullying," ucap Vera.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli menyampaikan apresiasinya terhadap capaian baru Kilang Balongan tersebut.

“Penghargaan ini menjadi pencapaian bersama Insan RU VI sekaligus sebagai bukti kepedulian perusahaan terhadap kesehatan pekerjanya,” ungkap Zulkifli. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut