Logo Network
Network

Pemkab Indramayu Komitmen Turunkan Angka Stunting, Dandim Ditunjuk Sebagai BAAS

Safaro
.
Kamis, 28 Juli 2022 | 09:25 WIB
Pemkab Indramayu Komitmen Turunkan Angka Stunting, Dandim Ditunjuk Sebagai BAAS
Sekda Kabupaten Indramayu, Rinto Waluyo dan unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah, Camat dan perwakilan kuwu dari desa angka stunting tinggi foto bersama usai kegiatan rempuk stunting. (saprorudin)

iNewsIndramayu.id

Pemerintah Kabupaten Indramayu semakin membulatkan komitmennya dalam upaya pencegahan stunting. Meski sudah turun di angka 14,4% pada tahun 2021, akan tetapi upaya   terus dilakukan untuk menuju new zero stunting

Upaya-upaya untuk menurunkan stunting salasatunya melalui kegiatan rembuk stunting di Aula BKD kabupaten setempat, Rabu (27/7/2022).  Kegiatan tersebut merupakan aksi ke 3 dari 8 aksi konvergensi percepatan penurunan stunting sebagai implementasi dari PP No 72 tahun 2021.

Upaya menuju zero stunting akan lebih nyata seiring ditunjuknya Komandan Kodim (Dandim) 0616/Indramayu Letkol ARM Andang Rudianto, sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS) di Kabupaten Indramayu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo mengatakan, stunting apabila tidak ditangani dengan baik dan sedini mungkin, termasuk tidak adanya dukungan dari beberapa pihak maka akan banyak dampak yang ditimbulkan baik itu kepada ekonomi maupun hal lainnya.

Rinto Waluyo juga mengapresiasi kerja keras tim dalam upaya penurunan angka stunting di Kabupaten Indramayu yang sebelumnya berada di angka 29.62% pada tahun 2019, turun menjadi 14.4 % di tahun 2021. Hal ini menjadi kebanggaan bersama dari semua pihak dan stakeholder terkait.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap penurunan angka stunting yang ada di Kabupaten Indramayu dari yang tahun sebelumnya 29.62 persen menjadi 14.4 persen. Penurunan itu berkat sinergi dan kerja keras dari berbagai pihak yang berjibaku  untuk menurunkan angka stunting,” tambahnya.

Dengan capaian itu kata dia Kabupaten Indramayu terus berikhtiar semaksimal mungkin untuk menurunkan angka stunting sekaligus berjuang mencatatkan sejarah sebagai daerah yang zero new stunting.

“Sesuai harapan Ibu Bupati kita akan bekerja keras menurunkan angka stunting dan sekaligus mencegah adanya stunting baru. Pencapaian new zero stunting akan menjadi prioritas pekerjaan kita bersama,” tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0616/Indramayu Letkol ARM Andang Radianto  menyampaikan rasa terimakasih karena kepercayaan yang diberikan kepadanya. Menurutnya ini suatu kehormatan bagi jajaran Kodim 0616/Indramayu  karena pihaknya ditunjuk sebagai BAAS  untuk wilayah Kabupaten Indramayu.

“Kami siap membantu Pemda Indramayu untuk menurunkan angka stunting dengan target di angka 7 persen pada 2023. Nasional 15 Persen pada tahun 2024. Sementara capaian penurunan angka stunting di Kota Mangga saat ini  di posisi  14,4 persen,” ungkapnya.

"Upaya yang kita lakukan adalah niat yang tulus dulu, intinya kita bergerak bersama-sama," kata Dandim. (safaro)

 

 

 

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.