Hujan Picu Longsor di Kuningan, Rumah Warga Rusak Berat Akibat Tertimbun Tanah

Andri
.
Minggu, 22 Januari 2023 | 14:19 WIB
Bencana tanah longsor membuat bangunan rumah warga rusak berat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kuningan, iNewsIndramayu.id – Hujan ringan hingga lebat dengan intensitas cukup lama pada Sabtu (21/1/2023), memicu terjadinya tanah longsor di sejumlah titik. Bahkan paling parah, musibah itu membuat rumah warga mengalami rusak berat akibat tertimbun material longsoran tanah.

Lokasi tanah longsor terjadi di Desa Patala, Kecamatan Cilebak, Kuningan. Berdasarkan informasi yang dihimpun, setidaknya dua unit bangunan rumah milik warga rusak berat tertimbun tebing yang longsor.

Saat dikonfirmasi, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana membenarkan, atas kejadian longsor di Desa Patala, Kecamatan Cilebak, Kuningan. Sesuai laporan yang diterima petugas, jika bencana longsor terjadi sekitar pukul 17.30 WIB sore.

“Iya benar, sesuai laporan sementara lokasinya di Dusun Cikaso, Desa  Patala,  Kecamatan Cilebak,” terangnya.

Dia menyebut, kejadian longsor tidak menimbulkan korban jiwa. Salah satu yang terdampak longsor yakni rumah milik warga di Dusun Cikaso dengan kondisi rusak berat.

“Kejadian itu tebing longsor menimpa rumah milik Bapak Jumawan yang dihuni 5 jiwa. Akibatnya rumah rusak berat,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, kejadian longsor dipicu turun hujan selama lima jam. Sehingga mengakibatkan tebing di dekat permukiman warga longsor.

“Kalau untuk penanganan sementara, kami berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk mengevakuasi penghuni rumah ke tempat yang lebih aman. Sebab khawatir terjadi longsoran susulan,” ungkapnya.

Dia menyebut, jika korban tanah longsor sementara tinggal bersama warga lain. Sebab kondisi rumah tidak dapat dihuni untuk sementara waktu.(Andri)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini