Logo Network
Network

Longsor Melanda Kuningan, Rumah Warga Ambruk hingga Telan Korban Jiwa

Andri
.
Senin, 23 Januari 2023 | 12:44 WIB
Longsor Melanda Kuningan, Rumah Warga Ambruk hingga Telan Korban Jiwa
Musibah tanah longsor di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, membuat rumah warga ambruk hingga menelan korban jiwa.

Kuningan, iNewsIndramayu.id – Musibah bencana longsor dalam beberapa hari terakhir ini melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bahkan akibat longsor membuat bangunan rumah warga ambruk hingga menelan korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, Senin (23/1/2023), mengatakan, musibah longsor terjadi di beberapa titik sejak tiga hari terakhir. Selain membuat bangunan rumah milik warga rusak berat, musibah longsor juga menelan korban jiwa.

“Ada satu warga meninggal dunia usai tertimpa material longsoran tanah. Korban meninggal dunia saat di perjalanan menuju ke rumah sakit,” ucapnya.

Dia menyebut, lokasi kejadian berada di Desa Kertawirama, Kecamatan Nusaherang pada Minggu (22/1/2023) sore. Sebuah tembok penahan tebing longsor menimbun akses jalan lingkungan, termasuk korban yang kebetulan tengah melintas.

“Korban yakni Ibu Nurhayati (37), kebetulan sedang berjalan setelah menjemput anaknya pulang mengaji. Kemudian korban meninggal rencananya dimakamkan itu pada hari ini,” imbuhnya.

Selanjutnya longsor yang terjadi di Desa Patala, Kecamatan Cilebak, membuat satu rumah warga ambruk. Terdapat pula bangunan yang tertimpa material longsoran tanah di bagian tembok belakang rumah.

“Ada rumah warga ambruk milik Pak Jumawan, serta yang tertimpa material longsoran di bagian tembok belakang rumah milik Pak Sapja. Kedua korban sementara mengungsi di rumah kerabat yang lebih aman, sebab berpotensi tertimbun longsor susulan khususnya bagi rumah Pak Sapja,” terangnya.

Dia menjelaskan, pemicu terjadinya longsor tak lain karena cuaca ekstrem yang kerap turun hujan. Akibat intensitas hujan yang turun nyaris terjadi setiap hari, membuat tebing perbukitan menjadi rawan longsor.

“Petugas sudah melakukan pendataan ke lokasi kejadian. Termasuk mengirim sejumlah bantuan bagi korban yang tertimpa longsor,” pungkasnya.(Andri)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.