get app
inews
Aa Read Next : Polisi Telusuri Sejumlah Lahan yang Berpotensi Ditanami Ganja di Garut

2 Warga Tenggelam saat Niat Memancing di Sungai Cimanuk Garut, Seorang Ditemukan Tak Bernyawa

Sabtu, 03 Juni 2023 | 15:08 WIB
header img
Petugas memeriksa kantong jenazah Ramdani (25), warga yang sempat dinyatakan hilang akibat terbawa arus Sungai Cimanuk saat akan memancing. (Ist)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Dua warga yang berniat memancing di Sungai Cimanuk, Kecamatan Leuwigoong, Kabupaten Garut, dilaporkan hilang setelah hanyut terbawa arus. Keduanya hilang usai terbawa arus sungai di kawasan Kampung Peer RW14, Desa Leuwigoong, Kecamatan Leuwigoong, Jumat (2/6/2023) malam. 

Kapolsek Leuwigoong Ipda Tatang Sukirman mengatakan, dua warga yang menjadi korban itu adalah Husen (45) dan Ramdani (25), asal Kecamatan Karangpawitan. Salah satu korban atas nama Ramdani, lanjutnya, ditemukan tak bernyawa setelah SAR gabungan melakukan pencarian lanjutan pada Sabtu (3/6/2023) pagi. 

"Pencarian terhadap kedua korban dimulai sejak Jumat malam kemarin. Kemudian pada Sabtu ini pencarian kembali dilanjutkan, dengan hasil pada pukul 11.50 WIB korban atas nama Ramdani ditemukan pada jarak sekitar 30 meter dari lokasi dilaporkan hilang," kata Ipda Tatang Sukirman. 

Usai ditemukan, jenazah korban dibawa ke Puskesmas Cibatu sebelum akhirnya dibawa pihak keluarga. Dalam proses pencarian itu, SAR gabungan yang terlibat terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD Garut, PMI, relawan komunitas arung jeram, hingga Jabar Quick Response (JQR). 

"Pencarian lanjutan dimulai sejak pukul 08.00 WIB dengan konsentrasi lokasi tempat kedua korban meninggal," ujarnya. 

Usai evakuasi tersebut, SAR gabungan kembali melakukan pencarian terhadap seorang korban lain atas nama Husen yang belum ditemukan. Ipda Tatang Sukirman menjelaskan, kronologi dua warga tenggelam itu disampaikan oleh seorang warga lain yang juga berniat memancing di Sungai Cimanuk. 

"Menurut keterangan saksi Rijal Maulana (19), warga Karangpawitan, ia dan para korban berangkat untuk memancing pada Jumat siang sekira pukul 13.30 WIB. Selain saksi dan kedua korban, masih ada dua orang lain dalam rombongan itu, sehingga total yang berangkat untuk mancing ada lima orang, tujuan mancing di Sungai Cimanuk, Kecamatan Cibatu," ungkapnya. 

Setiba di Sungai Cimanuk, mereka menyebrangi jembatan menuju wilayah Kecamatan Leuwigoong untuk mencari lokasi pemancingan. Saat itu, saksi bersama seorang korban bernama Ramdani menyisir Sungai untuk menuju tempat memancing. 

"Saksi yang ketika itu berjalan lebih dahulu menyisir sungai, sempat mengingatkan agar Ramdani tidak berjalan kearahnya karena kondisi licin. Namun korban terus berjalan hingga terpeleset masuk ke air sungai. Saksi Rijal kemudian berteriak kepada rekan-rekan lainnya untuk meminta tolong," bebernya. 

Melihat hal tersebut, Husen langsung menceburkan diri ke sungai untuk menolong Ramdani. Namun karena tidak bisa berenang, Husen pun terbawa arus bersama Ramdani dan tenggelam di Sungai Cimanuk. 

"Mendapat laporan orang tenggelam di Sungai Cimanuk, kami langsung berkoordinasi dengan Polsek Cibatu beserta instansi terkait untuk kepentingan pencarian. Sejumlah saksi kami mintai keterangan, sekaligus menginformasikan kecelakaan di sungai itu kepada keluarga korban," kata Kapolsek Leuwigoong. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut