get app
inews
Aa Read Next : Imbas Gempa M 6,5 Garut, Atap Rumah Warga di Singajaya Ambruk, Seorang Lansia Alami Luka

Kasus Tambang Pasir Ilegal Dilimpahkan ke Kejari Garut

Kamis, 17 Agustus 2023 | 17:32 WIB
header img
Barang bukti kasus tambang pasir ilegal berupa alat berat ekskavator diamankan di Mapolres Garut beberapa waktu lalu. Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsIndramayu.id - Kasus tambang pasir ilegal awal Juni 2023 lalu dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut. Kedua tersangka di kasus ini, Nandang Solihin (43) dan Ujang Zaenal (53), berikut barang bukti diserahkan penyidik kepolisian untuk segera menjalani proses hukum. 

"Barang bukti yang dilimpahkan berupa 3 unit bechoe (ekskavator), 10 unit truk, 1 unit crusher dan 1 unit konveyor," kata Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Perampasan Kejari Garut Dadan Sobari, Kamis (17/8/2023).

Kedua tersangka akan dititipkan ke Rutan Garut, setelah sebelumnya menghuni sel tahanan kantor polisi. Sedangkan barang bukti yang rata-rata merupakan alat berat, masih disimpan di Mapolres Garut. 

"Dalam waktu dekat berkas kedua tersangka akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Garut, sementara barang bukti masih tersimpan di Mapolres Garut," ujarnya. 

Kedua tersangka tertangkap tangan sedang melakukan aktivitas pengelolaan tambang pasir ilegal di Kampung Cinanti RT01 RW04, Desa Karyamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. 

"Tersangka tidak mengantongi izin usaha pertambangan (IUP), izin pertambangan rakyat (IPR) dan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) yang dikeluarkan dari institusi  terkait sejak 2017 hingga Juni 2023," jelas Dadan Sobari. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut