get app
inews
Aa Read Next : PDI Perjuangan Jabar Siap Menangkan Satu Putaran Pasangan Ganjar-Mahfud

8 Desa di Kuningan Alami Kekeringan, BPBD Kirim Bantuan Air Bersih

Minggu, 17 September 2023 | 12:16 WIB
header img
Musibah kekeringan melanda sejumlah wilayah di Kuningan, Jabar, dengan total 8 desa mengalami kesulitan air bersih. (Foto: BPBD Kuningan)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Musibah kekeringan melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tercatat, ada 8 desa terdampak kekeringan hingga kesulitan air bersih, Minggu (17/9/2023).

Atas kondisi itu, BPBD Kuningan menyalurkan bantuan air bersih ke sejumlah desa. Adapun desa terdampak kekeringan di antaranya Simpayjaya, Cihanjaro, Cileuya, Cimulya, Kananga, Mekarjaya, Kawungsari, dan Tugu Mulya.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, menuturkan, penyaluran bantuan air bersih sebagai tugas dan fungsi BPBD bersama komponen masyarakat, dalam rangka siaga darurat kekeringan, kebakaran hutan dan lahan.

“Ini sesuai dengan permintaan dari desa yang telah melaporkan dan mengajukan permohonan distribusi air bersih. Permohonan ini disampaikan, karena di beberapa desa tersebut sudah mulai kesulitan untuk mendapatkan air baku atau air bersih,” bebernya.

Dia menyebut, penyaluran air bersih pada tahap pertama dikirim sebanyak 40 ribu liter air. Pendistribusian air bersih akan berlangsung selama 4 hari.

“Jadi insya Allah akan dilaksanakan juga tahap kedua ataupun tahap selanjutnya, disesuaikan dengan situasi kondisi dan sesuai dengan laporan yang diterima,” imbuhnya.

Pihaknya mengaku, penyaluran air bersih tahap pertama bekerja sama dan didukung oleh Baznas Kuningan. Pada tahap pertama, terdapat 6 desa yang dikirim bantuan air bersih yakni Simpayjaya, Cihanjaro, Cileuya, Cimulya, Kananga, dan Mekarjaya.

“Kemudian untuk 2 desa lain yakni Tugumulya di Kecamatan Darma dan Desa Kawungsari di Kecamatan Cibeureum, kemungkinan akan segera dikirim bantuan pada tahap berikutnya,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut