get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Sejumlah Desa Masih Kesulitan Air Bersih Meski Sempat Turun Hujan di Kuningan

Kamis, 12 Oktober 2023 | 14:23 WIB
header img
Meski sempat diguyur hujan, namun beberapa desa di Kabupaten Kuningan, Jabar, masih mengalami kesulitan air bersih. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Hujan sempat mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, beberapa hari terakhir ini. Walaupun intensitas hujan masih tergolong ringan hingga sedang dan tidak merata.

Sebab dari informasi yang berhasil dihimpun, air hujan turun di beberapa daerah seperti Cipicung, Cengal, Sadamantra, Ciawigebang, Luragung hingga Cilimus. Meski begitu, masih banyak warga desa yang masih kesulitan air bersih akibat hujan tidak turun secara merata.

Sehingga beberapa desa masih kekeringan karena musim kemarau berkepanjangan. Tercatat, ada 10 desa yang rutin mendapat kiriman air bersih hingga sekarang, Kamis (12/10/2023).

Pendistribusian air bersih sendiri yang sudah dikirim BPBD Kuningan mencapai 296 ribu liter lebih. Belum lagi pengiriman air bersih dari instansi maupun pihak lain, sehingga diperkirakan menembus 450 ribu liter.

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Indra Bayu Permana dalam keterangan persnya, mengatakan, ada sebanyak 10 desa mendapat pengiriman air bersih melalui BPBD Kuningan bekerja sama dengan instansi lain.

“Beberapa desa itu di antaranya seperti Cihanjaro, Cileuya, Kananga, Simpayjaya, Cihaur, Tugumulya, Cimulya, Kawungsari, Kalimanggiswetan, dan Mekarjaya. Semua desa tersebut tersebar di sebanyak enam kecamatan,” sebutnya.

Menurutnya, paling banyak pendistribusian air bersih yakni menyasar warga di Desa Cihanjaro, Kecamatan Karangkancana. Sebab totalnya sudah mencapai 71.500 liter air bersih disalurkan.

“Kemudian Desa Cileuya di Kecamatan Cimahi, itu sudah sebanyak 56.000 liter air bersih didistribusikan. Adapula Desa Kananga di Kecamatan Cimahi sebanyak 29.500 liter, dan Desa Cihaur di Kecamatan Ciawigebang sudah 29.000 liter,” imbuhnya.

Pihaknya merinci, pendistribusian air bersih dari enam kecamatan itu seperti Tugumulya 28 ribu liter, Cihaur 29 ribu liter, Kalimanggis 5 ribu liter, Cimahi 118 ribu liter, Cibeureum 15 ribu liter, dan Karangkancana 101 ribu liter.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut