get app
inews
Aa Read Next : Jelang Tunaikan Ibadah Haji, BDI Kilang Balongan Berikan Pembekalan Kepada Calhaj

Batik Gedongan Indramayu Diminati Wisatawan di Toba Lake Fashion Week

Jum'at, 06 Oktober 2023 | 13:40 WIB
header img
Batik Gedongan asal Indramayu, Jabar, diminati banyak wisatawan saat Toba Lake Fashion Week di Medan, Sumatera Utara. (Foto: Ist)

MEDAN,iNewsIndramayu.id - Pagelaran Toba Lake Fashion Week (LTFW) Agricultre Geoside Sipinsur di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, resmi dibuka pada Jumat (06/10/23). Pagelaran itu dihadiri delapan kabupaten di kawasan Danau Toba dengan menampilkan berbagai kerajinan UMKM masing-masing daerah.

Acara yang diresmikan Plt Gubernur Sumatera Utara, Mayjen (purn) Syamsudin Namun Sipinsur dibanjiri pengunjung. Salah satu stand yang paling menarik dan banyak dikunjungi adalah stand Pemkab Indramayu, Jawa Barat.

Kordinator Penanaman Modal Dinas Penananaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Indramayu, Acep Suherman mengatakan, Toba Lake Fashion Week (LTFW) Agricultre Geoside Sipinsur Kabupaten Humbang  Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara ini, menjadi ajang promosi UMKM Indramayu mulai dari makanan khas daerah hingga batik.

“Warga Sumut meski memiliki kain ulos Medan yang terkenal, namun saat melihat batik Gedongan khas Indramayu, mereka juga cukup tertarik,” kata dia.

Kepala Dispora Indramayu, Tri Nari R didampingi Ketua Dekranasda Indramayu, DR Runisah dan Kordinator Penanaman Modal DPMPTSP Indramayu, Acep Suherman mengaku senang dengan Pemkab Humbahas. Sebab mampu menyelenggarakan kegiatan besar seperti LTFW Agriculture Geoside Sipinsur.

“Kami kagum nelihat keindahan alam Sipinsur ini,” sebut Tri Nari sembari menjelaskan beberapa bahan pameran yang berasal dari UMKM binaan Pemkab Indramayu seperti krupuk kulit, kerupuk ikan, dodol mangga, juice mangga dan yang lainnya.

“Ini semua adalah hasil binaan Dekranasda Indramayu,” jelasnya. Ia juga menambahkan, Pemkab Indramayu juga menampilkan batik Gedogan asli Indramayu.

Ditanya kesan dan pesannya tentang Sipinsur, Ketua Dekranasda Indramayu itu mengatakan Sipinsur sangat indah bahkan tiada duanya. Pemkab setempat katanya  jangan hanyut dengan keindahan alam tersebut, akan tetapi harus tetap berinovasi. Harus inovatif dan kreatif. Ayo ciptakan hal-hal yang sangat menarik wisatawan mulai dari penyediaan kuliner, cemilan, cenderamata dan tempat bermain anak-anak.

“Bila perlu setiap minggunya buat event-event yang menarik wisatawan dalam dan luar negeri,” sebutnya.

Dia juga menyebut beruntunglah masyarakat Humbahas memiliki alam yang indah dan sejuk.

“Peliharalah dan rawatlah pemberian Tuhan ini jangan sia-siakan, kami di Indramayu panas sekali, disini sangat sejuk aman dan nyaman,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut