get app
inews
Aa Read Next : Panwascam Plered Fokus Tungsura

Ketua PPP Kuningan Kepada Saksi Parpol: Ujung Tombak Pengawal Suara Pemilu 2024

Senin, 06 November 2023 | 16:31 WIB
header img
DPC PPP Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, saat melakukan bimtek bagi saksi parpol untuk Pemilu 2024. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Ketua PPP Kuningan, dr H Toto Taufikurohman Kosim menyebut jika saksi parpol merupakan ujung tombak pengawal suara saat Pemilu 2024. Sebab mereka akan terlibat langsung saat pemungutan hingga perhitungan suara di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Oleh sebab itu, PPP Kuningan telah melakukan kegiatan bimtek bagi ribuan saksi yang diterjunkan saat pemilu nanti. Sehingga saksi yang disiapkan akan lebih berkompeten saat mengikuti proses pemilu di TPS.

“Sesuai instruksi pimpinan partai, kami harus memenangkan partai dengan melakukan pembinaan-pembinaan terhadap saksi Pemilu 2024. Kesiapan saksi dari PPP sesuai dengan kebutuhan jumlah TPS di Kabupaten Kuningan,” kata Ketua DPC PPP Kuningan, dr Toto Taufikurohman Kosim kepada awak media, Senin (6/11/2023).

Dia menyebutkan, kesiapan saksi yang sudah menjalani bimtek sendiri sebanyak 3.596 orang. Jumlah ini menyesuaikan dengan total TPS pada pemilu nanti di Kuningan.

“Kita sampaikan beberapa materi penting saat saksi-saksi kami mengikuti bimtek. Misalnya soal pengisian C1, serta bagaimana sistem penulisan untuk pengamanan suara nanti saat menjadi saksi di setiap TPS,” ujarnya.

Menurutnya, ribuan saksi yang akan diterjunkan merupakan orang-orang pilihan yang telah mengikuti pembinaan dari partai. Mereka disiapkan untuk mengawal proses perhitungan surat suara di Pemilu 2024.

Soal target kursi di Pileg 2024 nanti, Ia berharap ada penambahan. “Mudah-mudahan nanti dari setiap daerah pemilihan itu ada. Kalau sekarang jumlahnya 4 kursi, semoga nanti bisa bertambah minimal 1 kursi setiap dapil,” tandasnya.

Dirinya melihat, potensi kemenangan dari masing-masing caleg di setiap dapil cukup tinggi. Sehingga minimal target yang bisa diraih adalah 5 kursi dari lima dapil yang ada.

“Saya kira potensi itu ada. Tapi kita maksimalkan dulu per dapil ada wakilnya,” imbuhnya.

Kaitan dengan Pilpres 2024 sendiri, pihaknya bersama partai koalisi pengusung Ganjar-Mahfud telah membentuk Tim Pemenangan Daerah (TPD). Pembentukan ini sejalan dengan instruksi dari pimpinan masing-masing partai koalisi.

“Kami sebagai koalisi Ganjar-Mahfud telah menyelesaikan tugas kami di Kabupaten Kuningan, untuk membentuk Tim Pemenangan Daerah (TPD). Mudah-mudahan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang diusung partai koalisi dari PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura dapat meraih kemenangan,” pungkasnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut