get app
inews
Aa Read Next : Demokrat Beri Surat Tugas Ayu sebagai Cabup Cirebon 2024

Cara Bupati Cirebon Ajak Warganya Jadi Pemilih Cerdas Lewat Seni Tradisional Sandiwara

Senin, 20 November 2023 | 21:06 WIB
header img
Pagelaran atau pertunjukan seni tradisional sandiwara di Desa Trusmi Kabupaten Cirebon. Foto: Ist

CIREBON, iNewsIndramayu.id-Bupati Cirebon, Imron menghadiri pertunjukan rakyat tradisional di Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Minggu (19/11) malam.

Pertunjukan rakyat yang dikemas dengan pagelaran sandiwara tersebut dengan mengambil tema “Pemilih Cerdas Menentukan Masa Depan Bangsa”.

Menurut Imron, pemilih cerdas adalah kunci utama bagi sebuah bangsa untuk mencapai kemajuan dan keberlanjutan. Tidak dapat dipungkiri bahwa masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemimpinnya. 

"Melalui seni, kita ingin menyampaikan pesan penting bahwa setiap suara, setiap pemilihan yang cerdas, adalah langkah menuju masa depan yang lebih baik," kata Imron.

Dijelaskan Imron, seni merupakan salah satu ekspresi kreativitas manusia, memiliki kekuatan untuk menyentuh hati dan pikiran. 

Maka melalui pagelaran seni ini, pihaknya berharap, dapat menginspirasi setiap individu untuk menjadi pemilih yang cerdas, diantaranya pemilih dapat mengerti dan memahami dampak setiap pilihan terhadap masa depan bangsanya.

"Pemilihan cerdas bukan hanya tanggung jawab pemimpin, tetapi juga tanggung jawab kita semua sebagai warga negara. Kita memiliki peran penting dalam menentukan arah kebijakan dan pembangunan bangsa," jelasnya.

Ia berharap, lewat sandiwara dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman sesama akan isu-isu penting yang menghadang bangsa Indonesia, sehingga dapat membuat keputusan yang bijak dan cerdas.

"Dengan tema yang diambil kali ini, kami berharap dapat menciptakan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya peran setiap individu dalam proses demokrasi," katanya.

"Mari kita jadikan acara ini sebagai ajang untuk merenung, belajar, dan bersama-sama berkomitmen untuk menjadi bagian dari perubahan positif bagi bangsa dan negara kita," sambungnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cirebon, Bambang Sudaryanto mengatakan, seni sebagai cermin kehidupan, memiliki kekuatan untuk menyentuh hati, membangkitkan kesadaran, dan menginspirasi tindakan. 

Ketika seni digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan pesan tentang pentingnya pemilihan cerdas, membuka pintu menuju masa depan yang lebih baik. 

"Pemilih cerdas bukanlah sekadar mereka yang memilih suatu pilihan, melainkan mereka yang mampu melihat jauh kedepan, memahami implikasi pilihan mereka, dan merenungkan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat," katanya.

Menurutnya, seni memiliki peran krusial untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai isu-isu penting, seperti pendidikan, ekonomi, lingkungan, dan nilai-nilai moral. 

Bahkan, melalui seni, pihaknya juga dapat menyelami kompleksitas kehidupan politik dan sosial. Seperti melalui lukisan, puisi, musik, tarian, dan berbagai bentuk ekspresi seni lainnya.

"Kita dapat merangkai narasi tentang bagaimana pilihan kita saat ini, dan akan membentuk landasan masa depan bangsa. Ini adalah panggilan untuk kita semua agar menjadi pemilih yang cerdas, menggali informasi dengan bijak, dan menyuarakan hak suara kita dengan penuh tanggung jawab," ungkapnya.

Diharapkan, melalui media tradisional ini, menjadi sebuah daya tarik, selain penyebarluasan informasi kepada masyarakat yang lebih luas, meningkatkan kesenian dan kebudayaan tradisional, juga dapat mempererat kekeluargaan dan tali silaturahmi juga mengajak semua pihak untuk bersatu dalam semangat kebersamaan, demi arah dan tujuan bangsa ini. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut