Terlebih, kata dia, dengan adanya layanan dukcapil keliling yang secara periodik mengunjungi desa, kecamatan, maupun sekolah-sekolah, serta kegiatan masyarakat di wilayah Kabupaten Indramayu, dapat memberikan kemudahan sekaligus mendekatkan layanan kependudukan kepada masyarakat.
“Indramayu ini luar biasa, dengan hadirnya layanan keliling secara terus-menerus dapat memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Semoga layanan ini dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan sehingga semakin banyak memberikan manfaat bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu. Apalagi sekarang alhamdulillah adanya MPP, semoga bisa lebih meningkatkan kualitas layanan,” ungkap Berli.
Menurutnya, saat ini yang diperlukan masyarakat dalam menjangkau layanan publik sebenarnya adalah kemudahan akses dan kualitas layanan. Dengan demikian, tambah Berli, kedua hal tersebut harus terus ditingkatkan, terutama akses jaringan karena layanan dukcapil ini sangat tergantung pada teknologi informasi.
“Walaupun sistem informasi kependudukan masih terpusat di Kemendagri bukan berarti menjadi sulit. Bila didukung jaringan yang kuat pada masing-masing kabupaten/kota, layanan terpusat tersebut dapat dijangkau secara maksimal dan mendapat kualitas data kependudukan lebih baik,” katanya.
Editor : Tomi Indra Priyanto