get app
inews
Aa Read Next : Jelang Tunaikan Ibadah Haji, BDI Kilang Balongan Berikan Pembekalan Kepada Calhaj

Melihat Kebun Anggur Lansia, Diminati Warga serta Jadi Wisata Edukasi Baru di Indramayu

Selasa, 23 April 2024 | 09:00 WIB
header img
Sejumlah lansia saat memanen buah anggur di lokasi budidaya anggur di Desa Tegalurung, Blok Kedokan Desa RT 08 RW 02, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu. (Foto: Istimewa)

Budidaya anggur di area Rumah Zakat Tegalurung sejak awal melibatkan warga lansia. Mulai dari grafting atau menyambung bagian dua tanaman anggur, menanam, hingga memelihara tanamannya.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Tegalurung, Lastri Mulyani, mengatakan, dari dua batang jenis anggur yang berbeda, kini sudah ada sekitar 20 jenis anggur yang dibudidayakan. Diantaranya jenis ninel, jupiter, transfiguration, manicure finger, akademik, gozv, angelica, heliodor, dan veles. 

"Awalnya hanya ada dua jenis anggur. Kami lakukan grafting sendiri, hingga sekarang menjadi 20 jenis anggur. Para lansia turut serta melakukan grafting tersebut," kata Lastri.

Bahkan, anggur jenis jupiter yang beraroma seperti mangga gedong gincu banyak diminati warga, namun juga telah menjadi wisata edukasi bagi pelajar.

"Lembaga pendidikan hingga peajar dari luar Indramayu mulai berkunjung ke kebun anggur lansia. Mereka memanfaatkan kebun anggur sebagai wisata edukasi," ujarnya.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut