get app
inews
Aa Read Next : Warga Kecamatan Kandanghaur Sambut Meriah MTQ Tahun 2024

Kapolres Indramayu Kunjungi Kantor Bawaslu Jalin Koordinasi Hadapi Pilkada Serentak

Senin, 29 Juli 2024 | 18:18 WIB
header img
Kunjungan kerja Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, di Kantor Bawaslu Indramayu. (Foto: iNewsIndramayu.id/Selamet Hidayat)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Menjelang perhelatan Pilkada Serentak tahun 2024, Kapolres Indramayu AKBP Ari Setyawan Wibowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu, Senin (29/7/2024).

AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, kunjungannya ke Kantor Bawaslu Indramayu merupakan agenda silaturahmi sekaligus saling berkoordinasi untuk mempersiapkan jalannya Pilkada Serentak 2024.

"Kita dari kepolisian akan memberikan rasa aman, pelindungan pengayoman, dan pelayanan selama berjalannya tahapan Pilkada khususnya di Kabupaten Indramayu," ucap Ari kepada media.

Kemudian, sambung Ari, Bawaslu sebagai pengawas pelaksanaan Pemilu dan KPU sebagai pelaksana Pemilu, berharap dapat saling bersinergi dan bekerja sama. Terutama dalam menyelesaikan Pilkada Serentak khususnya di Kabupaten Indramayu.

Menurut Ari, untuk pola pengamanan sudah ada, karena pihak kepolisian sudah ada petunjuk dan arahannya dari tingkat Mabes, kemudian tingkat Polda, dilanjut dengan tingkat Polres.

"Terkait tempat-tempat pengamanan, kemudian orang yang diamankan, pola pengamanan TPS itu sudah ada semuanya. Dan kita sudah rencanakan, sudah kita siapkan. Insyaallah, kita sudah siap menghadapi putaran Pilkada 2024," ujar Ari.

Berdasarkan pengalaman dan pelaksanaan pengamanan Pilpres yang sebelumnya di wilayah Indramayu, kata Ari, semua berjalan relatif kondusif, aman, dan lancar.

Menurutnya, potensi kerawanan pasti ada, sehingga dengan saling berkoordinasi bersama Bawaslu dan KPU, pihaknya dapat mencegah sedini mungkin potensi-potensi kerawanan untuk dapat diselesaikan dan mengantisipasi jangan sampai berkembang menjadi suatu permasalahan.

"Saya ingin adanya kerja sama kepada seluruh elemen masyarakat ataupun stakeholders terkait menjaga kondusifitas di wilayah hukum Polres Indramayu,"ucapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni, menyampaikan apresiasi atas kunjungan Kapolres Indramayu ke kantornya.

"Bawaslu secara kelembagaan dalam menghadapi Pilkada membutuhkan kerja sama semua stakeholders, salah satunya pihak kepolisian," kata Ahmad. 

Menurut Ahmad, pihak kepolisian ini yang berperan dalam sisi pengamanan agar tercipta suasana sejuk dan damai dalam setiap tahapan Pilkada.

Terkait kerawanan, dia menambahkan, pihaknya sudah melaksanakan rapat koordinasi tingkat provinsi untuk memotret gambaran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP), di mana pihak kepolisian menjadi satu stakeholders mitra kerja Bawaslu saat pelaksanaan Pilkada.

"Kepolisian menjadi satu stakeholders mitra kerja kita. Diharapkan sinergitas dan kolaborasi kita secara kelembagaan ke depan bisa lebih intens untuk melihat titik mana potensi-potensi kerawanan setiap tahapan," katanya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut