Jaringan TPPO Ela Lastari TKW Asal Garut Terungkap, Siapa Saja?

Fani Ferdiansyah
Perwakilan BP3MI Jawa Barat Neng Wepi (kanan) mendampingi Anjani Pebriani (20) (tengah), saat mengajukan surat pengaduan ke Polres Garut, terkait upaya mencari keberadaan ibunya, Ela Lastari, yang hilang di Riyadh, Arab Saudi, beberapa waktu lalu.

"Ini kewenangannya penyidik kepolisian, namun kurang lebih seperti itu, Ela membenarkan isi laporan tersebut, dan bersedia untuk memberikan keterangan jika diperiksa," ucapnya. 

Sejauh ini, Enjang Tedi mengaku belum menerima informasi lebih kapan Ela Lastari akan dimintai keterangan oleh polisi.

"Karena baru satu hari tiba di Indonesia, mungkin masih dalam masa istirahat. Jika ke depannya akan ada panggilan, dari BP3MI pasti akan mendampingi," katanya. 

Enjang Tedi menambahkan, selain siap membantu petugas membongkar jaringan para pelaku TPPO, Ela Lastari juga bersedia mengedukasi masyarakat, khususnya pada mereka yang berniat bekerja ke luar negeri. Ela Lastari, kata Enjang Tedi, mengaku kapok bekerja sebagai TKW ilegal

"Ela Lastari bersedia juga mengedukasi masyarakat, mungkin lebih seperti duta PMI. Edukasi mengenai bahaya bekerja ke luar negeri melalui jalur ilegal itu berbahaya karena dia telah mengalaminya," ujarnya. 

"Para calo yang memberangkatkannya itu menyarankan agar Ela menggunakan visa ziarah berikut beberapa tindakan agar lolos. Mereka bilang cara tersebut aman dan legal. Ketika ternyata ilegal dan bermasalah, mereka ini lepas tanggung jawab," tambahnya. 

Sebelumnya, mantan karyawati salah satu pabrik sepatu di Garut ini mengaku siap kooperatif untuk membongkar pelaku TPPO atau calo PMI ilegal yang menjerumuskannya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network