get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Pelatihan Barista Tina Wiryawati Center Lahirkan Pengusaha Muda di Kota Banjar

Rabu, 22 Februari 2023 | 12:42 WIB
header img
Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati mengunjungi salah satu pengusaha muda yang sempat mengikuti pelatihan Barista Tina Wiryawati Center di Kota Banjar, Jabar. Foto: Andri

Kota Banjar,iNewsIndramayu.id - Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati melakukan kunjungan kerja di Kota Banjar, Jabar. Kunjungan ini sekaligus dikemas melalui reses kedua masa sidang 2022-2023.

Tina melakukan pertemuan dengan pengurus Karang Taruna sewilayah Kota Banjar, demi menyerap aspirasi para pemuda. Tak hanya itu, Ia juga menyempatkan diri menemui salah satu binaan yang sempat mengikuti pelatihan Barista oleh Tina Wiryawati Center (TWC).

Bahkan sekarang, Rabu (22/2/2023), pemuda binaan TWC tersebut sudah miliki brand tersendiri dengan menjual minuman dan makanan khas Asep Thai Thea. Adapun pemilik brand Asep Thai Tea yakni Ucup Suryatman, salah seorang pemuda di Kota Banjar.

Kepada awak media, Ucup Suryatman mengaku, sebelumnya pernah mengikuti pelatihan Barista yang menjadi salah satu program kerja di bawah binaan TWC. Ucup mengikuti pelatihan pada tahun 2021, kini telah memiliki usaha kuliner sebanyak 4 outlet di Kota Banjar.

"Alhamdulillah, ketika di kunjungi Bunda Tina Wiryawati saya merasa bahagia dan bangga bisa membuktikan diri untuk terus berkembang dalam dunia usaha. Insya Allah ke depan berencana untuk menambah outlet," katanya.

Ia menceritakan, sebelum membangun usaha sendiri sempat bekerja sebagai pegawai OB di Kelurahan Banjar. Sementara ibunya berjualan di Taman Kota Banjar, sedangkan ayahnya bekerja sebagai petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup pemda setempat.

"Namun dengan perjalanan waktu, saya akhirnya mengikuti pelatihan bersama teman-teman dari Karang Taruna di Bandung. Kemudian apa yang dipelajari di Bandung diterapkan, dan hingga saat ini masih berjalan usahanya, mudah-mudahan bisa terus berkembang dan menambah outlet," harapnya.

Sementara Anggota DPRD Jabar, Tina Wiryawati mengungkapkan rasa bangga atas apa yang dilakukan Ucup Suryatman. Keberadaan gerai kuliner yang dimiliki sekarang, merupakan sebuah proses yang sangat berarti di dunia usaha.

"Waktu dulu ketemu dengan Ucup saatu kegiatan reses di Kota Banjar 2021. Alhamdulillah sekarang dia bisa mengembangkan usahanya dan memperdayakan masyarakat untuk bekerja," ungkapnya.

"Saya sangat bersyukur dan bahagia, dalam kurun waktu 2 tahun terlahir seorang pengusaha muda dari pelatihan Barista Tina Wiryawati Center," sambungnya.

Ia berharap, ke depan akan terlahir pengusaha-pengusaha muda yang lain di Dapil Jabar 13 meliputi Kuningan, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran di bidangnya masing-masing.

"Saya berharap akan terlahir Asep-asep lain, khususnya di Dapil Jabar 13. Bersama Tina Wiryawati Center (TWC) kami terus melakukan kegiatan, baik di bidang pelatihan, sosial, pariwisata, dan kesehatan," imbuhnya.

Dia menyebut, kegiatan usaha yang pernah dibantu melalui pelatihan binaan TWC di Kabupaten Kuningan misalnya bidang pertanian, peternakan, glass powder hingga penyulingan minyak nilam. Termasuk beberapa program pelatihan turunan yakni budidaya magot (black soldier fly) dan beberapa usaha lain.

Dirinya mengajak, agar para pemuda bisa membangun diri lebih mandiri dalam melakukan kegiatan usaha. Bahkan, selaku anggota dewan siap untuk membantu jika diperlukan.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut