get app
inews
Aa Read Next : Selamatkan Generasi Bangsa, Penanganan Stunting Jadi Program Unggulan Kesira Jabar

Maju Lagi Nomor Urut 1, Ini yang Sudah Dikerjakan Anggota DPRD Jabar Tina Wiryawati

Selasa, 07 November 2023 | 13:01 WIB
header img
Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Gerindra, Hj Tina Wiryawati. (Foto: Ist)

KUNINGAN,iNewsIndramayu.id – Anggota DPRD Jabar, Hj Tina Wiryawati kembali maju di kontestasi Pileg Jabar 2024 dengan nomor urut 1. Hal ini berdasarkan ketetapan KPU terhadap Daftar Calon Tetap (DCT) seluruh calon di Pileg 2024.

Atas dasar itu, legislator asal Partai Gerindra ini maju kembali untuk Dapil Jabar 13 yaitu Kuningan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Sejumlah kinerja telah dilakukan selama menjabat anggota legislatif provinsi.

Misalnya sebagai inisiator Desa Wisata Sawah Lope di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kuningan. Ia menggandeng kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPARI) Semarang untuk peningkatan SDM bidang pariwisata dan perekonomian di desa setempat.

“Memang awalnya di tahun 2020, mendengar aspirasi banyak orang yang menganggur saat pandemi Covid-19. Jadi saya merealisasikan aspirasi masyarakat dengan menginisiasi, dan mengajak akademisi Kampus STIEPARI karena memiliki program Tri In One,” kata Tina Wiryawati yang menjabat pula Wasekjen DPP Partai Gerindra, Selasa (7/11/2023).

Menurutnya, program Tri In One itu untuk meningkatkan SDM di bidang pariwisata. Program Tri In One bagi lulusan SMA/SMK sederajat yang kurang mampu, bisa difasilitasi untuk kuliah di kampus STIEPARI sambil bekerja.

“Penempatan kerja itu dari STIEPARI dengan menyalurkan ke perusahaan-perusahaan yang ada di Semarang. Bahkan dari Kuningan sendiri sudah ada ratusan yang mengikuti program ini,” ujarnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, hal tersebut menjadi langkah kongkrit dalam menggurangi pengangguran, dan memberikan fasilitas para lulusan SMA/SMK sederajat melanjutkan kuliah sambil bekerja.

“Sehingga mereka dapat upah setara UMR di Jawa Tengah, ditambah pengasilan saku maupun lembur,” imbuhnya.

Termasuk di Kota Banjar, Ia memberikan pelatihan barista. Ini merupakan salah satu program kerja di bawah naungan Tina Wiryawati Center (TWC).

“Alhamdulillah, hasil dari pelatihan itu para pemuda membuka usaha baru dan hingga memiliki beberapa outlet. Misalnya, Ucup Suryatman yang kini berhasil menjalankan usaha di bidang minuman dan makanan dengan brand Asep Thai Tea,” terangnya.

Sisi lain di bidang pertanian, Tina mencoba gulirkan budidaya tanaman nilam. “Dulu tanaman nilam ini sempAt buming dan menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat, namun ada beberapa hal yang sempat tidak diteruskan oleh masyarakat. Maka saya mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan kembali tanaman nilam, dan ke depan bisa menjadi nilai ekonomis yang baik,” kata Tina.

Selaku Ketua Kesehatan Indonesia Raya (Kesira) Jabar, Ia cukup concern pula memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Alhamdulillah, melalui layanan kesehatan masyarakat bersama TWC tidak akan berhenti bergerak untuk rakyat. Seperti pendampingan bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) hingga kami antar ke rumah sakit yang di Cirebon, sampai saat ini ada puluhan orang yang telah kami bantu,” bebernya.

Berdasarkan kerja-kerja politik yang telah dilakukan tersebut, Ia beralasan untuk maju kembali demi melanjutkan program pro rakyat dan mensejahterakan rakyat, terutama rakyat kecil.

“Mudah-mudahan program yang saya usulkan dapat dilanjutkan dan direalisasikan di wilayah Dapil Jabar 13,” tutupnya.(*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut