get app
inews
Aa Read Next : Tungsura Menjadi Fokus Utama: Panwascam Gunungjati Mendorong Kewaspadaan PTPS

PPDB SMAN 1 Palimanan Cirebon Lancar, Ujikom Prestasi Non Akademik Dilakukan Besok

Selasa, 06 Juni 2023 | 19:29 WIB
header img
Panitia PPDB SMAN 1 Palimanan, Kabupaten Cirebon saat memantau data calon peserta didik yang masuk. Foto : Joni

CIREBON,iNewsIndramayujeh.com-Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Provinsi Jawa Barat hari ini sudah digelar. Prosesnya pun masih sama seperti PPDB tahun sebelumnya, yakni secara online.

Seperti halnya PPDB yang berlangsung di SMAN 1 Palimanan Kabupaten Cirebion. Para panitia penyelenggara PPDB di sekolah tersebut, terpantau fokus mengamati jalannya proses pendaftaran dilayar monitor.

Ketua Panitia PPDB SMAN 1 Palimanan, Abdul Khodir menyampaikan, pihaknya membuka kuota penerimaan sebanyak 423 peserta didik. Kuota ini, terdiri dari  7 kategori atau jalur pendaftaran.

Menurut Khodir, jalur zonasi tetap mendominasi PPDB tersesbut, yakni 212 kursi. Kemudian, berada di posisi kedua setelah zonasi, ditempati oleh jalur prestasi rapor, yakni 78.

Sedangkan, sisanya adalah jalur prestasi kejuruan 28, perpindahan tugas orang tua/anak guru 21, kondisi tertentu 20, dan jalur KETM 51, serta yang paling sedikit dari jalur ABK, yakni 12 kursi. Menurutnya, sudah ada puluhan calon peserta didik yang sudah mendaftar di SMAN 1 Palimanan. 

"Alhamdulillah disini pelayanan PPDB SMAN 1 Palimanan sudah berjalan dengan baik. Intinya sudah ada beberapa dari pendaftar calon peserta didik sudah masuk," ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk proses verifikasi akan dilakukan pada hari kedua, tepatnya pada Rabu 7 sampai 10 Juni mendatang. Selama proses verifikasi dan berlangsungnya pendaftaran, kata dia, ada proses masa sanggah. 

"Tahap pertama, jalur prestasi. Kemudian, ada nilai rapor, afirmasi, KETM, dan siswa kondisi tertentu. Semuanya online, kita disini panitia tidak menerima berkas apapun kaitannya dengan proses pelaksanaan PPDB. Karena kita semuanya harus melalui byproses," ucapnya. 

Adapun terkait kehadiran para orang tua siswa yang datang ke sekolah, menurutnya, mereka hanya ingin mengetahui informasi seputar PPDB dan prodi apa yang cocok untuk anaknya.

"Jadi intinya mereka itu ingin mengetahui informasi mengenai pendaftaran. Artinya jalur mana yang perlu dipilih, yang bagus buat anak mereka," katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan memfasilitasi dan membantu bagi pihak calon peserta didik yang mengalami kesulitan untuk mendaftar. Prosesnya pun, lanjut, khodir, akan dibimbing dan diberi arahan oleh panitia di sekolah.

"Tapi nanti mereka mengupload sendiri. Kita hanya mengarahkan saja," tegas Khodir..

Ia menambahkan, calon peserta dididk yang mendaftar melalui jalur prestasi non akademik  akan dilakukan uji kompetensi Rabu besok. Sementara, PPDB tahap dua atau jalur zonasi akan dimulai pada 26 Juni. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut