get app
inews
Aa Read Next : Salurkan Kredit Senilai Rp7,5 M, Pemkab Indramayu Bantu 1.742 UMKM Melalui Program Kruw-Cil

Inspiratif, Mantan Karyawan Pabrik Ini Mampu Memproduksi Produk Alas Kaki Terbaik Berbahan Kulit

Selasa, 18 Juli 2023 | 16:35 WIB
header img
Sujiati, warga Kota Sidoarjo, memperlihatkan produk sepatu kulit yang ia produksi di rumahnya, Selasa (18/7/2023). (Ist)

SIDOARJO, iNewsIndramayu.id - Kisah inspiratif datang dari Kabupaten Sidoarjo. Di daerah yang dikenal sebagai penghasil udang itu, seorang perempuan bernama Sujiati mampu menghasilkan produk kerajinan kulit alas kaki dengan kualitas yang mampu bersaing dengan brand ternama. 

Dahulu, Sujiati merupakan seorang karyawan pada sebuah pabrik yang memproduksi sepatu dan sejenisnya. Sewaktu bekerja, Sujiati dipercaya sebagai koordinator di pabrik itu.

Dalam perjalanannya, Sujiati memilih berhenti bekerja. Ia memutuskan untuk memulai usaha, dengan manfaatkan pengetahuan menjahit dan modal yang dikumpulkannya selama bekerja. 

Apa yang telah dicapainya saat ini merupakan buah dari tekad bulat dan kerja kerasnya. Produksi kerajinan kulit alas kali itu pertama kali dirintis bersama temannya pada tahun 2019. 

Sejak 2 tahun lalu, Ia mulai menjalankan usahanya secara mandiri dengan mempekerjakan beberapa orang tetangga. Di 2020, banyak rekan sejawatnya yang masih bekerja di pabrik terkena PHK. 

Sujiati pun tergerak untuk mengajak ke-25 temannya yang merupakan mantan karyawan pabrik perempuan untuk ikut memproduksi kerajinan kulit secara mandiri seperti dirinya. Berbeda dengan Sujiati yang memang telah mempersiapkan diri seperti menyisihkan uang tabungan untuk berusaha, rekan-rekannya tidak memiliki modal sepeser pun.

Sujiati tidak kehabisan akal, selain membutuhkan tambahan bahan baku, Ia juga ingin rekan-rekannya kembali mampu memberi nafkah untuk keluarganya. Ia pun memutuskan untuk bergabung menjadi nasabah PNM Mekaar untuk mendapat tambahan modal, sekaligus memboyong 25 rekan-rekannya untuk menjadi anggota kelompok yang dia pimpin. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut