get app
inews
Aa Read Next : Pelatihan Imam Muda di Garut Diharapkan Menjadi Insan yang Bermanfaat Bagi Lingkungan

Kembangkan UMKM, PNM Bina Usaha Pakan Ternak di Garut

Rabu, 26 Juli 2023 | 17:35 WIB
header img
Kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi pakan ternak digelar di Kabupaten Garut. (Ist/dok PNM)

GARUT, iNewsIndramayu.id - Kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi pakan ternak digelar di Kabupaten Garut. Program yang dilaksanakan di Desa Cinta, Kecamatan Karangtengah, ini dilakukan dalam rangka meningkatkan produktivitas pelaku UMKM untuk menghasilkan pakan ternak. 

Pemilihan Desa Cinta sebagai lokasi klasterisasi pakan ternak disebabkan karena daerah ini telah dinobatkan sebagai juara dalam perlombaan desa di tingkat Provinsi Jawa Barat. Diinisiasi PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PKU klasterisasi pakan ternak di Desa Cinta diharapkan mampu memenuhi ekspektasi. 

Sebab selain kaya akan sumber daya, masyarakat di Desa Cinta lihai dalam mengolah kekayaan alam yang tersedia. Salah satu keunggulan yang dimiiliki adalah usaha dan hasil ternaknya. 

Terkenal di antara desa-desa Kecamatan Karangtengah, Desa Cinta dikenal dengan kelola ternak dan pelaku usaha ternak yang banyak. 

"Latar belakang dari pengembangan usaha di Desa Cinta adalah tingginya permintaan pakan ternak. Pasalnya masyarakat Desa Cinta selama ini banyak yang menggeluti usaha ternak domba dan sapi," kata Sekretaris Perusahaan PNM L Dodot Patria Ary, dalam keterangan tertulis, Rabu (26/7/2023). 

Untuk memenuhi kebutuhan ternak, masyarakat peternak di desa tersebut sangat mengandalkan pasokan pakan untuk hewan ternaknya dari daerah lain yang relatif mahal. Nyatanya, seluruh bahan yang dibutuhkan rupanya tersedia di Desa Cinta. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut