get app
inews
Aa Read Next : Tali Asih Komandan Seskoad, Berikan Bantuan Sosial untuk Renovasi Masjid di Garut

Kembangkan UMKM, PNM Bina Usaha Pakan Ternak di Garut

Rabu, 26 Juli 2023 | 17:35 WIB
header img
Kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) klasterisasi pakan ternak digelar di Kabupaten Garut. (Ist/dok PNM)

"Beberapa warga telah berupaya untuk membuat pakan olahan, terutama kelompok wanita tani yang berada di Kampung Cibulakan. Namun, kualitas pakan yang mereka hasilkan masih belum sesuai dengan harapan dan kebutuhan peternak," ujarnya. 

Mengetahui sebagian besar anggota kelompok wanita tani tersebut adalah nasabah PNM Mekaar, program klasterisasi itupun dilangsungkan. Bekerjasama dengan beberapa pihak, PNM membuat terobosan baru dengan melatih anggota kelompok dalam meproduksi pakan ternak olahan (konsentrat). 

"Program ini didukung oleh Aparat Desa dan akademisi di bidang peternakan, dan praktisi peternakan. Program ini juga tidak berhenti pada kegiatan penyuluhan saja tetapi pendampingan pemberdayaan untuk menciptakan kemandirian dalam kelola pakan ternak," ucapnya. 

Peluang bisnis dalam usaha ini juga dapat dikatakan sangat besar, melihat banyaknya penggiat usaha ternak di Desa Cinta. Kegiatan tersebut setidaknya dihadiri oleh 30 nasabah PNM Mekaar yang menjadi bagian dari kelompok wanita tani, Pemerintah Desa Cinta, serta sejumlah pihak terkait untuk meresmikan program klasterisasi pakan ternak. 

PKU sendiri selama ini dilakukan secara berkala oleh PNM cabang seluruh Indonesia. Setidaknya ada 241 klasterisasi yang telah berjalan, dengan jumlah nasabah sebanyak 7.655 orang secara keseluruhan. 

Klasterisasi ini diharapkan dapat berlangsung secara berkelanjutan, dalam meningkatkan keragaman bisnis pelaku UMKM di Indonesia. (*) 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut