get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Perdana, Caleg DPR RI Rokhmat Ardiyan Sapa Pedagang Pasar Tradisional di Kuningan

Hadirkan LPDB KUMKM, Anggota Komisi VI DPR RI Bantu Pelaku Usaha di Indramayu

Minggu, 17 September 2023 | 10:49 WIB
header img
Anggota Komisi VI DPR RI, DR. Ir. H.E. Herman Khaeron dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia melakukan sosialisasi tentang Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM kepada masyarakat pelaku Usaha di Indramayu.

 

INDRAMAYU, inewsindramayu.id - Anggota Komisi VI DPR RI, DR. Ir. H.E. Herman Khaeron dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah Republik Indonesia (Kemenkop dan UKM RI) melakukan sosialisasi tentang Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM kepada masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di Kabupaten Indramayu. Sosialisasi dengan mengusung tema "Penguatan Ketahanan Pangan Melalui Pinjaman/Pembiayaan Dana Bergulir kepada Koperasi di Provinsi Jawa Barat" ini dilaksanakan di Gedung PGRI Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, Sabtu (16/9/2023).Hadir sebagai pembicara, Humas LPDB KUMKM, Bayu Utomo dan Pembina Umum UMKM Mitra Sehati Kabupaten/Kota Cirebon dan Kabupaten Indramayu, dr. Hj. Ratnawati, MKKK.

 
Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron mengatakan bersama LPDB KUMKM salah satu satuan kerja Kemenkop dan UKM RI, dilakukan sosialisasi terkait kehadiran Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB KUMKM) kepada pelaku UMKM di empat desa diantaranya desa di wilayah Kecamatan Kertasemaya, Jatibarang dan Widasari. Hal itu penting disosialisasikan karena LPDB KUMKM memiliki dana namun tidak mempunyai kantor cabang di daerah. Adanya di Kantor Kemenkop dan UKM dan hanya bisa diakses melalui website. Intinya, terkait LPDB harus disoisalisasikan terus. 

 

“Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan KemekopUKM mempunyai kewajiban besar untuk bisa membawa prospek usaha dan prospek pembiayaan kepada masyarakat sehingga masyarakat tahu dan bisa mengaksesnya,” kata Hero sapaan akrabnya, usai sosialisasi.

Hero mengaku bersyukur respon masyarakat sangat antusias, beragam pertanyaan disampaikan, seperti bagaimana meningkatkan daya saing, bagaimana sistem administrasi permodalannya, bagaimana cara mengembangkan usaha kecil menengahnya. Pertanyaan-pertanyaan itu pihaknya mencoba memadukan dengan Yayasan Mitra Sehati yang konsen membina para pelaku UMKM. Menurutnya, yayasan itu tentu terbuka baik untuk warga Cirebon dan Indramayu dan terus memberikan jalan, pembekalan, pendidikan bahkan dalam waktu dekat akan memberikan diklat. 

 

“Sosialisasi Itu merupakan sebuah upaya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditengah-tengah kehadiran anggota DPR RI. Ayo kita tingkatkan Knowledge (ilmu pengetahuan), skiil, keterampilan, attitude (sikap) kita didalam mengembangkan usaha. Karena hanya dengan cara ini insyaAllah, tujuan-tujuan untuk mencapai usaha lebih baik, lebih besar, pendapatan bisa meningkat tentu bisa tercapai,” ucapnya.

Suami Hj. Ratnawati ini menambahkan, sosialisasi seputar LPDB KUMKM selain disampaikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kertasemaya, Jatibarang dan Widasari juga disamapikan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Karangampel. 


Humas LPDB KUMKM, Bayu Utomo menambahkan sepengetahuannya kata dia, di Kabupaten Indramayu banyak koperasi yang bergerak di sektor ketahanan. Oleh karenanya perihal LPDB penting untuk disosialisasikan ke pelaku UMKM melalui wadah koperasi. 

 
“LPDB KUMKM menyalurkan pinjaman pembiayaan kepada koperasi untuk perkuatan permodalan bagi anggota. Dengan sosialsiasi ini kita harapkan masyarakat lebih mengetahui informasi dari program-program LPDB KUMKM, antara lain, pinjaman, pembiayaan dan program pendampingan dan inkubator,” kata Bayu.(Tomi Indra)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut