get app
inews
Aa Read Next : Tungsura Menjadi Fokus Utama: Panwascam Gunungjati Mendorong Kewaspadaan PTPS

Atlet Paling Banyak, Menpora Sebut Kejuaraan Tarkam di Cirebon Pecahkan Rekor

Rabu, 08 November 2023 | 14:58 WIB
header img
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo, memukul gong sebagai tanda pembukaan Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2023 di Kabupaten Cirebon. Foto: Joni

CIREBON, iNewsIndeamayu.id-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo mengapresiasi ajang kejuaraan antar kampung (Tarkam) Kemenpora 2023 yang diselenggarakan di Kabupaten Cirebon. Pasalnya, kejuaraan yang meliputi tiga cabang olahraga (cabor) itu telah diikuti oleh 935 atlet perwakilan dari 40 kecamatan di wilayah tersebut.

Ketiga cabor tersebut adalah bola voli, badminton/bulutangkis, dan atletik. Adapun 935 dari jumlah atlet tersebut yang paling banyak adalah atlet voli yanki sebanyak 444 orang dan sisanya badminton 316 orang serta atletik sebanyak 175 orang.

Kejuaraan yang dibuka langsung oleh Menteri Dito Ariotedjo itu akan dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak, hari ini sampai dengan Jumat (10/11/2023) di GOR Ranggajati Sumber, Kabupaten Cirebon. 

"Peserta di Kabupaten Cirebon memecahkan rekor terbanyak dari daerah lain dalam kegiatan Tarkam serupa," ujar Dito saat memberi sambutan pembukaan kejuaraan tersebut di Kantor Bupati Cirebon, Rabu (8/11).

"Tujuan ini dalam meningkatkan potensi dan opportunity dari bibit-bibit atlet muda sesuai dengan arahan bapak presiden Jokowi. Yakni bagaimana olahraga ini bisa dirasakan oleh  seluruh lapisan masyarakat, " sambungnya.

Melalui kejuaraan tersebut juga, kata Dito, pihaknya dengan serius akan menilai prestasi dari sejumlah bibit atlet yang berpotensi untuk dibawa ke level nasional hingga internasional. 

Kemudian, searah dengan tujuan dalam kejuaraan antar kampung yang digelar di Kabupaten Cirebon dengan meliputi tiga cabor yang dilaksanakan. Lantaran, ketiga Cabor tersebut saat ini tengah naik daun sehingga harus ada regenerasi. 

"Saya yakin di setiap pertandingan pasti ada yang muncul atlet bagus dari daerah. Terutama di level atlet muda dari daerah yang bisa membawa nama Indonesia di kancah dunia," katanya.

Apalagi, lanjut dia, hajat besar yang akan dilaksanakan tahun ini adalah Piala Dunia sepak bola U-17, dan salah satu venue di Jawa Barat di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. 

Bupati Cirebon, Imron, melalui Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih, mengungkapkan terima kasih kepada jajaran di Kemenpora yang mempercayakan kegiatan Tarkam di Kabupaten Cirebon. 

Atas hal itulah, tentu pihaknya akan mendukung penuh mulai dari segi kesiapan lokasi dan kepesertaan yang melibatkan semua elemen di masing- masing kecamatan. 

"Ini sebagai pemicu semangat atlet muda dengan tujuan untuk mendorong peningkatan potensi dalam menggali olahragawan yang dijalin dalam olahraga," katanya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut