get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Tayang Home Sweet Loan di Bioskop Cirebon Hari Ini, Minggu, 29 September

Pangdam III Siliwangi Tunggangi Sisingaan, Sebut Pesta Rakyat di Cirebon Kebersamaan TNI dan Warga

Selasa, 25 Juni 2024 | 14:44 WIB
header img
Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, saat menunggangi Sisingaan kesenian khas dari daerah Jawa Barat. (Foto: iNewsIndramayu.id/Selamet Hidayat)

CIREBON, iNewsIndramayu.id - Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar, menunggangi Sisingaan kesenian khas dari daerah Jawa Barat (Jabar) saat hadiri Pesta Rakyat di Korem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon, Selasa (25/6/2024).

Acara pesta rakyat yang dihadiri Langsung oleh Pangdam III Siliwangi tersebut diikuti lebih dari 1500 orang sebagai penanggung jawab Kolonel Inf Bayu Sudarmanto (Danrem 063/Sunan Gunung Jati).

Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kodam III/Siliwangi bukan hanya menjadi momen untuk merayakan pencapaian dan keberhasilan yang telah diraih, tetapi juga menjadi waktu yang tepat untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, karena TNI menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat.

Pesta rakyat ini merupakan wujud dari semangat kebersamaan dan cerminan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat.

Menurut Mayjen TNI Mohammad Fadjar, selama perjalanannya hingga 78 tahun, Kodam III/Siliwangi berkomitmen untuk terus melaksanakan tugas dalam menjaga kedaulatan dan keamanan negara, serta membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Jabar dan Banten. 

"Kita memahami bahwa tanpa dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat, tugas-tugas tersebut tidak akan dapat terlaksana dengan baik," ucap Mohammad Fadjar.

Ia menuturkan, acara pesta rakyat yang dirayakan dengan kegiatan pentas seni dan makan bersama, melambangkan kebersamaan dan kesederhanaan yang selalu dijunjung tinggi. 

Makan bersama, kata dia, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antara TNI dengan masyarakat yang sama-sama dibalut dengan kesederhanaan, namun mengandung nilai kebersamaan dan kesatuan yang kuat di wilayah untuk bersama-sama siap menghadapi setiap peluang munculnya ancaman dan gangguan terhadap NKRI.
 
"Pentas seni juga menjadi sarana untuk mengenalkan dan melestarikan budaya lokal yang kaya dan beragam. Seni dan budaya sebagai identitas bangsa harus kita jaga dan lestarikan bersama. Melalui seni, kita dapat menikmati keindahan budaya kita untuk mempererat hubungan antar warga sebagai sebuah kesatuan bangsa yang tangguh," terangnya.

Secara keseluruhan pesta rakyat menjadi simbol dari hubungan harmonis dan sinergis antara TNI, Polri, pemerintah daerah, instansi lainnya, dan masyarakat.

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa menguatkan rasa persaudaraan serta menunjukkan bahwa TNI bersama seluruh komponen bangsa selalu siap untuk menjaga kondusifitas wilayah termasuk dalam menghadapi rangkaian Pilkada Serentak Tahun 2024.

"Saya berharap, acara pesta rakyat ini dapat memberikan kebahagiaan dan kenangan indah bagi kita semua. Semangat kebersamaan dan gotong-royong yang telah terbentuk dapat terus dipelihara dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

"Mari terus bersatu, bergandengan tangan dan bekerja sama dalam membangun daerah untuk Indonesia maju. Terima kasih kepada Danrem 063/SGJ, Pemda, Polri, instansi, dan masyarakat Cirebon atas dukungan dan partisipasi yang luar biasa pada kegiatan ini," sambungnya.

Sementara itu, Dandim 0616/Indramayu, Letkol Inf Yanuar Setyaga yang hadir juga dalam pesta rakyat tersebut, dia mengatakan menjelang Pilkada serentak TNI akan ikut andil dalam menjamin kondusifitas daerah, khususnya di wilayah Kabupaten Indramayu.

Pihaknya juga berharap, saat pelaksanaan Pilkada serentak nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Tentunya kita siap mendukung mensukseskan Pilkada Serentak 2024 nanti,” ujar dia. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut