Neng Syelfi Peraih Juara I Nembang Pupuh FTBI 2021, Kini Tinggal Jauh dari Orang Tua

Fani Ferdiansyah
Neng Syelfi Oktora meraih Juara 1 Nembang Pupuh di Festival Tunas Bahasa Ibu 2021 lalu.

GARUT, iNewsIndramayu.id - Viral di media sosial video Neng Syelfi Oktora, gadis cilik asal Kabupaten Garut yang mahir melantunkan tembang pupuh khas tanah Sunda. Kemahirannya ini membuat Neng Selfi Oktora meraih Juara 1 Nembang Pupuh di Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2021 lalu. 

Aksi memukaunya banyak diunggah warganet, termasuk oleh Wakil Bupati Garut Helmi Budiman. Dibagikan sejak 28 Mei 2023 dalam akun TikTok @officialhelmibudiman, video penampilan Neng Syelfi Oktora membawakan pupuh Maskumambang versi Mang Koko sudah ditonton sebanyak  1,2 juta kali. 

Bahkan berkat prestasinya tersebut, Neng Syelfi Oktora yang lahir pada 30 Oktober 2010 itu diundang oleh salah satu stasiun televisi swasta untuk tampil dalam acara talk show. 

Nunung, ibu Neng Syelfi Oktora tidak menyangka jika video putrinya bisa ramai diperbincangkan. Pasalnya video tersebut direkam pada dua tahun yang lalu, ketika Neng Syelfi Oktora mengikuti ajang Nembang Pupuh yang digelar di Soreang pada 1 Desember 2021.

"Saya gak menyangka video itu bisa viral sekarang. Saat itu Neng Syelfi masih duduk di kelas 5 SD mewakili sekolahnya SDN 2 Sukahurip," ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI) Sabtu, (23/9/2023). 

Nunung mengatakan putrinya hanya memiliki waktu sekitar satu minggu untuk ikut ajang vokal pada tingkat Provinsi itu. Setelah sebelumnya mengikuti seleksi tingkat sekolah, kecamatan hingga kabupaten. 

"Apalagi saat itu kondisi masih wabah corona. Beberapa rintangan Neng Syelfi harus lalui untuk bisa berlatih, diantaranya mengenai jarak tempuh ke tempat latihan yang cukup jauh dari rumah," ungkapnya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network