get app
inews
Aa Read Next : Tungsura Menjadi Fokus Utama: Panwascam Gunungjati Mendorong Kewaspadaan PTPS

Ribuan Mantan Kades di Kabupaten Cirebon Gabung Komunitas, Satu Desa Ada yang 3 Orang

Rabu, 02 Agustus 2023 | 20:44 WIB
header img
Pelantikan pengurus DPC Kompakdesi Kabupaten Cirebon di Pendopo Bupati Cirebon. Foto : Ist

CIREBON, iNewsIndramayu.id-Ribuan lebih mantan kepala desa (Kades) atau kuwu di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat merapatkan diri untuk bergabung di sebuah wadah  persatuan. Para mantan kuwu tersebut bersama-sama bergabung dalam Komunitas Purnabakti Kepala Desa Seluruh Indonesia (Kompakdesi) Kabupaten Cirebon.

Kepengurusan Kompakdesi Kabupaten Cirebon untuk masa bakti 2023-2028, secara resmi dilantik di Pendopo Kabupaten Cirebon pada Rabu (2/8/2023). Bupati Cirebon, H. Imron menyambut baik terbentuknya kepengurusan Kompakdesi.

Menurut Imron, Kompakdesi bisa menjadi mitra strategis Pemda Kabupaten Cirebon. Karena, pengurus dan anggota Kompakdesi, sudah sangat faham dengan situasi dan permasalahan yang ada di wilayahnya. 

Sehingga hal tersebut, kata dia, bisa membantu memberikan masukan kepada Pemda Kabupaten Cirebon.

"Sehingga nantinya, Kompakdesi diharapkan bisa membantu kami, dengan memberikan masukan dan kerjasama dalam berbagai program," ujar Imron.

Pendapat yang sama terkait terbentuknya Kompakdesi juga dikemukakan oleh Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih. Menurut dia, pengurus dan anggota Kompakdesi sangat memiliki pengalaman mengetahui situasi di wilayahnya.

Oleh karena itu, keberadaan Kompakdesi ini, diharapkan nantinya bisa menjadi bagian yang ikut mendorong kemajuan di Kabupaten Cirebon.

"Wadah ini, diharapkan nantinya ikut membantu kemajuan di Kabupaten Cirebon," katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Kompakdesi Kabupaten Cirebon, Moh Carkim mengatakan, ada sebanyak 1.236 mantan kuwu yang bergabung di Kompakdesi.

"Setiap desa ada sekitar tiga kuwu," katanya.

Selain untuk mempererat tali silaturahmi antar mantan kuwu, keberadaan Kompakdesi Kabupaten Cirebon ini juga, akan ikut berkontribusk dalam pembangunan di Cirebon.

Carkim menyebut, seluruh pengurus dan anggota Kompakdesi pernah memiliki andil cukup besar dalam pembangunan desanya, saat menjadi kuwu. Hal tersebut kata Carkim, akan terus dilanjutkan di Kompakdesi.

"Kami akan melanjutkan andil untuk membangun desa dan Kabupaten Cirebon," ucapnya. (*)

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut