get app
inews
Aa Read Next : NPCI Indramayu Sosialisasikan PPLP Disabilitas, Ini Tujuannya

Pertama di Kota Mangga, RUBI Indramayu Bakal Gelar Festival Bonsai Nasional

Minggu, 17 Juli 2022 | 16:20 WIB
header img
Ketua RUBI Indramayu, Ketua Panitia, panitia dan simpatisan melebur dan bergotong royong mendekorasi halaman GOR Singalodra demi suksesnya Festival Bonsai Nasional di Indramayu. (saprorudin)

iNewsIndramayu.id

Rumah Bonsai Indonesia (RUBI) Cabang Kabupaten Indramayu, Jawa Barat bakal menggelar Festival Bonsai Nasional (FBN) 2022. Festival bonsai yang bakal  dibuka oleh Ketua Umum (Ketum) RUBI, Prof. H. Zudan Arif Fakrulloh, dihadiri Bupati Indramayu, Nina Agustina serta unsur Forkopimda ini dipusatkan di halaman GOR Singalodra Sindang sejak tanggal 19 hingga 28 Juli 2022.

Ketua Panitia, Cahyanto mengatakan  Festival Bonsai Nasional atau pameran bonsai tingkat nasional baru pertama kali diadakan di Kota Mangga Indramayu. Ia tidak menampik, di sini (Indramayu) sering menggelar festival atau pameran bonsai namun kelasnya baru lokal hingga tingkat wilayah Cirebon, Indramayu, Kuningan, Majalengka (Ciayumajakuning) ditambah beberapa kabupaten/kota pendukung seperti Sumedang, Subang dan Bekasi.

“Kami akan menggelar FBN 2022. Ini baru pertama kali diadakan di Kota Mangga. Pebonsai dari berabagai kota/kabupaten di Pulau Jawa bakal hadir diantaranya dari Surabaya, Yogyakarta, Kebumen, Cilacap, Jakarta, Bekasi, pebonsai Pasundan dan dari Ciayumajakuning. Mereka bakal  membawa koleksi bonsai terbaiknya. Total 700 an bonsai bakal meramaikan FBN,” kata Yayang sapaan akrabnya, disela-sela persiapan FBN di GOR Singalodra, Minggu (17/7/2022).

Menurutnya, karena pebonsai yang hadir  dari berbagai kota/kabupaten di Pulau Jawa maka persiapannya harus maksimal dan lokasipun harus strategis sehingga pihaknya memilih GOR Singalodra sebagai tempat FBN.

Adapun katagaori kontes FBN itu meliputi Kelas Konsep (Prospek), Silver (Pratama) dan Kelas Gold (Madya) dengan ukuran Mame, Smail, Medium, Large dan XLarge.

“Saat FBN kami juga mengadakan exhibition  untuk sponsorship, bursa dari komunitas Indramayu termasuk dari Bogor,” beber dia.

Sementara itu, Ketua RUBI Cabang Kabupaten Indramayu, Wawan Sulistyawan mengucapkan terima kasih atas kerja keras panitia pelaksana FBN dalam mendukung suksesnya pra kegiatan. Mereka kata dia bergotong royong menyiapkan dan mendesain lokasi festival bonsai tanpa mengenal waktu.  

Ia juga mengucapkan terima kasih atas support dan dukungan  Pemkab Indramayu, sponsorship dan komunitas bonsai di Indramayu.

Selain  FBN lanjut Wawan, pihaknya juga akan mengadakan Diklat Juri RUBI Session 1 (nasional), saresehan dan edukasi. Diklat juri tempatnya di Meeting Room Hotel Wiwi Perkasa 2 Indramayu tanggal 22-23 Juli, kemudian saresehan dan edukasi dilaksanakan tanggal 23 Juli di panggung FBN.

“Diklat juri bakal diikuti oleh peserta dari Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Jabar, Jateng, DIY, Jatim dan provinsi lainnya. Sementara untuk mentor kami telah mengundang Andoko Yodo Agus SP  (Terori Dasar Bonsai), H. Gunadi (Estetika Bonsai), Rully Pangalia (Sistim Penjurian RUBI), Taman W (Right Mental Attitude (RMA) dan Gunaryanto (Implementasi Praktek di lapangan),” sebutnya. (safaro)

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut