get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Perdana, Caleg DPR RI Rokhmat Ardiyan Sapa Pedagang Pasar Tradisional di Kuningan

Hero Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Ini Tujuannya

Senin, 19 September 2022 | 20:02 WIB
header img
Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat , Herman Khaeron saat mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan kepada mahasiswa Indramayu. (saprorudin)

INDRAMAYU, iNewsIndramayu.id - Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat (PD), Dr. Ir. H. E Herman Khaeron, M.Si  mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan. Tujuan dari sosialisasi itu untuk melakukan penguatan berbangsa dan bernegara kepada masyarakat dan mahasiswa.

Sosialisasi empat pilar yang diikuti Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dan para kader PD Indramayu ini dipusatkan di Aula Islamic Center Kabupaten Indramayu, Minggu (18/9/2022).

Empat pilar kebangsaan tersebut meliputi Pancasila sebagai dasar ideologi dan negara, UUD Tahun 1945 sebagai konstitusi negara dan ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Herman Khaeron mengatakan, empat pilar kebangsaan wajib  disosialisasikan agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikannya. Ia tidak menampik belakangan empat pilar kebangsaan sudah mulai luntur. Mereka banyak yang tidak hafal teks Pancasila apalagi pemahaman pilar-pilar kebangsaan yang lainnya.  

“Saya khawatir anak-anak sekarang tidak hafal Pancasila makanya kenapa saat sosialisasi itu secara acak saya mesti mengetes Pancasila,” kata Hero sapaan akrabnya.

Dulu kata dia, negara memiliki instrument didalam pemahaman empat pilar kebangsaan, ada pelajaran Pendidikan Moral Pancasila (PMP) dari jenjang SD/SMP/SMA. Belum lagi ada penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4).  

“Doktrin   konsensus empat pilar  berbangsa dan bernegara  harus ditanamkan dengan kuat. Kalau tidak kuat akan luntur. Intinya,  empat pilar kebangsaan wajib untuk disosialisasikan agar masyarakat dapat menjaga dan melestarikannya,” tutup Anggota DPR RI dari Dapil Jabar VIII ini. (safaro)

 

 

 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut