get app
inews
Aa Read Next : Kemenparekraf Ajarkan Ratusan Pelaku Ekonomi Kreatif di Garut Digitalisasi Pemasaran

Pemerintah Dorong Digitalisasi Budaya Indonesia Melalui Pemanfaatan Teknologi

Jum'at, 28 Juli 2023 | 09:15 WIB
header img
Pada kegiatan sosialisasi Pemanfaatan Teknologi dalam Pemajuan Kebudayaan di Ballroom Hotel Harmoni Garut Kamis (27/7/2023) kemarin, terungkap jika sistem informasi saat ini telah mampu menghubungkan banyak orang dari belahan dunia berbeda.

Wacana digitalisasi melalui pemajuan kebudayaan, tambah Wawan Yogaswara, merupakan program Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya digitalisasi budaya akan berkaitan dengan Dirjen Kebudayaan di Direktorat Film, Musik dan Media Kemendikbud Ristek. 

"Sebenarnya ini program Pak Jokowi, dituangkan ke dalam struktur organisasi di Dirjen Kebudayaan," sebutnya. 

Adapun output yang dihasilkan dari kegiatan yang telah dilakukan adalah memperkenalkan peran teknologi dalam memajukan kebudayaan Indonesia, pada para pelaku budaya dan konten kreator asal Garut. 

"Kita perkenalkan kepada pelaku budaya di Garut mengenai peran dari media sosial juga, misal Instagram dan TikTok yang dapat digunakan sebagai sarana. Sejauh ini para pelaku tersebut sudah memiliki media sosial lain berupa Facebook, tapi penggunaannya tidak berkaitan dengan apa yang mereka geluti, ini sangat disayangkan," ucapnya. 

Sementara konten kreator, sambungnya, akan didorong oleh Kemendikbud Ristek untuk aktif menyosialisasikan dan mempromosikan budaya-budaya di masyarakat melalui media sosial. Wawan Yogaswara menyebut digitalisasi kebudayaan ini minimal harus telah berjalan di lima tahun mendatang. 

"Harapannya dalam lima tahun ke depan sudah berjalan. Ini sebetulnya lebih ke penguatan konten untuk para konten kreator, supaya intens mempromosikan kebudayaan melalui media sosial," katanya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut