get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Perdana, Caleg DPR RI Rokhmat Ardiyan Sapa Pedagang Pasar Tradisional di Kuningan

DPR RI Dorong Kebudayaan Peduli Keasrian Alam Dijaga Semua Pihak

Minggu, 01 Oktober 2023 | 21:17 WIB
header img
Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah memberikan sambutan dalam acara Diskusi Terpumpun Merawat Bumi Melalui Kebudayaan di Cipanas, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (1/10/2023). Fani Ferdiansyah

GARUT, iNewsIndramayu.id - Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyatakan kebudayaan yang peduli terhadap keasrian alam di Kabupaten Garut, Jawa Barat, harus dijaga dengan baik oleh semua pihak. Menjaga keasrian alam tidak hanya dilakukan oleh pemerintah yang memiliki kebijakan, tetapi seluruh elemen masyarakat dalam rangka merawat bumi untuk kebaikan bersama.

"Kami ingatkan di sini karena budaya bukan hanya arti sempit, budaya dalam konteks seni tari dan sebagainya, tapi budaya bagaimana kita orang Garut bisa menjaga ekosistem alam," kata Ferdiansyah saat acara Diskusi Terpumpun Merawat Bumi Melalui Kebudayaan di Cipanas, Kabupaten Garut, Minggu (1/10/2023). 

Ia menuturkan kegiatan diskusi itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bersama Komisi X DPR RI, sebagai mitra untuk membangun kebudayaan dalam rangka menjaga kelestarian alam di Kabupaten Garut.

Acara diskusi itu, kata dia, melibatkan sejumlah pihak terkait di antaranya budayawan, komunitas masyarakat, anak muda, dan juga akademisi yang nantinya memiliki peran untuk mengedukasi dan mensosialisasikan kembali terkait menajag alam melalui kebudayaan.

"Temanya hari ini adalah kontek budaya dekatkan dengan merawat bumi, kenapa? Karena bagaimanapun yang ada di bumi ini kan sebagian besar adalah makhluk hidup, jadi bagaimana kita merawat tujuan utamanya dan menjaga ekosistem bumi kita," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Garut berdasarkan data hampir 80 persen darahnya konservasi alam sehingga harus dijaga dengan baik oleh masyarakat melalui berbagai cara, termasuk dengan tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat.

Daerah Garut yang dikenal dengan sejuk dan asri, kata dia, jangan sampai ke depan tidak ada bedanya dengan kondisi di perkotaan yang suhu udaranya panas.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut