get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Perdana, Caleg DPR RI Rokhmat Ardiyan Sapa Pedagang Pasar Tradisional di Kuningan

DPR Sebut Guru yang Memenuhi 4 Kompetensi Ini Layak Mendapat Kesejahteraan

Selasa, 15 Agustus 2023 | 20:03 WIB
header img
Anggota DPR RI Ferdiansyah menjadi pembicara dalam kegiatan Tata Kelola Guru Menuju Kepastian Kesejahteraan dan Keprofesian, di Ballroom Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

GARUT, iNewsIndramayu.id - Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah menyatakan profesi guru yang sudah memenuhi empat kompetensi yakni pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian, dinilai berhak untuk mendapatkan kesejahteraan yang lebih layak dari profesinya.

"Kalau ada kompetensi ini guru akan mendapatkan kesejahteraan lebih, guru wajar mendapatkan kesejahteraan," kata Ferdiansyah usai menggelar kegiatan Tata Kelola Guru Menuju Kepastian Kesejahteraan dan Keprofesian di Ballroom Hotel Harmoni, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023). 

Ia menuturkan kegiatan yang melibatkan seratusan guru tingkat PAUD sampai SMA/SMK dari Kabupaten Garut dan Tasikmalaya itu untuk mengedukasi guru agar memiliki kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian.

Selama ini, kata dia, sebagian besar guru baru memenuhi kompetensi di bidang pedagogik dan profesional, sedangkan kompetensi sosial dan kepribadian belum dilakukan pengujian.

"Bahwa ada dua kompetensi, uji kompetensi yang belum dilakukan guru yaitu kompetensi sosial dan kompetensi pribadi, nah ini menyangkut apa kepribadiannya dia, bagaimana dia jadi guru digugu dan ditiru kalau kepribadiannya jelek," kata Ferdiansyah.

Ia menjelaskan kompetensi pedagogik dan profesional dipastikan semuanya teruji, namun dua kompetensi lainnya seperti sosial dan kepribadian tentu harus dilakukan pengujian secara tertulis maupun cek ke lapangan.

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut