get app
inews
Aa Read Next : Kampanye Perdana, Caleg DPR RI Rokhmat Ardiyan Sapa Pedagang Pasar Tradisional di Kuningan

Perputaran Uang Sektor E-Commerce di Garut Capai Rp0,92 Triliun

Minggu, 08 Oktober 2023 | 19:58 WIB
header img
Sejumlah pelaku UMKM, unsur masyarakat, dan beberapa instansi Pemkab Garut mengikuti diskusi Baparekraf Digital Entrepreneurship Kabupaten Garut, Minggu (8/10/2023).

GARUT, iNewsIndramayu.id - Perputaran uang sektor e-commerce di Kabupaten Garut diperkirakan mencapai Rp0,92 triliun. Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengatakan, perputaran uang tersebut ditunjang oleh sekitar 317 ribu orang dari 2 juta warga Garut yang menjadi pengguna e-commerce. 

Dia meyakini pertumbuhan ekonomi masyarakat Garut akan berkembang jika uang yang berputar itu dapat diserap daerah. 

"Jangan sampai perputaran uang yang besar ini malah lari ke luar, kalau bisa diminimalkan. Sebab jika dimanfaatkan, artinya uang sebesar itu bisa diserap di Garut, bisa berdampak positif yang cukup besar untuk masyarakat, pembangunan, dan lain sebagainya," kata Ferdiansyah, di sela-sela diskusi Baparekraf Digital Entrepreneurship Kabupaten Garut, Minggu (8/10/2023). 

Ia pun mendesak pemerintah untuk melakukan pendataan terhadap sektor e-commerce, khususnya para pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital dalam memasarkan setiap produknya. 

"Kami meminta Disparbud Garut, lalu Dinas Indag di Garut, untuk mendata mana saja para pelaku UMKM di Garut apa saja bentuk produknya, yang memang benar-benar menggunakan e-commerce sebagai sarana penjualan. Tujuannya adalah untuk menciptakan suatu kebijakan yang nantinya akan meminimalkan uang lari ke luar Garut dari perputaran tadi," ujarnya. 

Editor : Tomi Indra Priyanto

Follow Berita iNews Indramayu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut